PEMBELAJARAN MATERI PROTISTA BERBASIS LABORATORIUM UNTUK PENCAPAIAN KETERAMPILAN PROSES SAINS DAN HASIL BELAJAR
Elita Anggraini Setyobudi , 4401412054 (2017) PEMBELAJARAN MATERI PROTISTA BERBASIS LABORATORIUM UNTUK PENCAPAIAN KETERAMPILAN PROSES SAINS DAN HASIL BELAJAR. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF (PEMBELAJARAN MATERI PROTISTA BERBASIS LABORATORIUM UNTUK PENCAPAIAN KETERAMPILAN PROSES SAINS DAN HASIL BELAJAR)
- Published Version
Download (406kB) | Preview |
Abstract
Berdasarkan hasil observasi dalam pembelajaran biologi di beberapa sekolah diKabupaten Jepara pada bulan Juli sampai bulan Oktober 2016, kegiatan pembelajaran berbasis penemuan belum diterapkan dalam proses pembelajaran. Permasalahan lain adalah penggunaan laboratorium biologi belum optimal, jarang digunakan dalam kegiatan pembelajaran dan kurang tersedianya awetan dan preparat tumbuhan atau hewan di laboratorium. Materi protista cukup sulit dipahami karena beberapa spesiesnya berukuran mikroskopis sehingga siswa kesulitan dalam mengklasifikasikan protista. Tujuan penelitian ini menganalisis keefektifan pembelajaran materi protista berbasis laboratorium untuk mencapai keterampilan proses sains (KPS) yang baik dan hasil belajar siswa aspek pengetahuan yang tuntas.Pembelajaran materi protista dalam penelitian ini disebut efektif jika rata-rata skor KPS siswa mencapai kriteria minimal baik (71%-85%), dan ketuntasan klasikal posttest mencapai ≥ 75%. Penelitian dilaksanakan di SMA Negeri 1 Tahunan Jepara pada semester genap tahun ajaran 2016/2017. Populasi penelitian ini kelas X MIPA SMA Negeri 1 Tahunan sebanyak enam kelas. Pengambilan sampel dilakukan secara purposive sampling dengan pertimbangan sampel yang diambil berdasarkan rata-rata nilai ulangan semester 1. Sampel yang digunakan dua kelas yaitu kelas X MIPA 2 dan kelas X MIPA 6 dengan total 70 siswa. Penelitian ini menggunakan desain penelitian Pre Experimental Design tipeOne Shot Case Study. Teknik pengambilan data melalui observasi KPS,posttest, angket, dan wawancara. Data yang diperoleh dianalisis secara deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata skor KPS siswa sudah memenuhi kriteria yang ditetapkan yaitu dalamkriteria minimal baik, rata-rata skor KPS siswa sebesar 77,14%. Ketuntasan klasikal posttest siswa sudah mencapai kriteria yang ditetapkan, yaitu≥75%, ketuntasan klasikal siswa sebesar 78,57%. Siswa memberikan tanggapan baik sebesar 78,71%. Guru juga memberi tanggapan positif.Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran materi protista berbasis laboratorium efektif untuk mencapai keterampilan proses sains yang baik dan hasil belajar aspek pengetahuan yang tuntas.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Hasil belajar, keterampilan proses sains, materi protista, pembelajaran berbasis laboratorium |
Subjects: | Q Science > Q Science (General) Q Science > QK Botany |
Fakultas: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Biologi, S1 |
Depositing User: | Retma IF UPT Perpus |
Date Deposited: | 25 Feb 2019 15:37 |
Last Modified: | 25 Feb 2019 15:37 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/32318 |
Actions (login required)
View Item |