KEEFEKTIFAN PEMBELAJARAN MATERI KEANEKARAGAMAN HAYATI DENGAN PENDEKATAN JELAJAH ALAM SEKITAR (JAS) BERBANTU EDUCATION CARD TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA SMA


Annisa Lintang Malinda , 4401412002 (2017) KEEFEKTIFAN PEMBELAJARAN MATERI KEANEKARAGAMAN HAYATI DENGAN PENDEKATAN JELAJAH ALAM SEKITAR (JAS) BERBANTU EDUCATION CARD TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA SMA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of KEEFEKTIFAN PEMBELAJARAN MATERI KEANEKARAGAMAN HAYATI DENGAN PENDEKATAN JELAJAH ALAM SEKITAR (JAS) BERBANTU EDUCATION CARD TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA SMA]
Preview
PDF (KEEFEKTIFAN PEMBELAJARAN MATERI KEANEKARAGAMAN HAYATI DENGAN PENDEKATAN JELAJAH ALAM SEKITAR (JAS) BERBANTU EDUCATION CARD TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA SMA) - Published Version
Download (770kB) | Preview

Abstract

Model dan media dalam pembelajaran diperlukan guna menunjang pemahaman siswa pada materi keanekaragaman hayati. Oleh sebab itu, diperlukan model dan media pembelajaran untuk membantu siswa dalam memahami materi dan meningkatkan minat siswa terhadap pembelajaran. Salah satu media yang dapat digunakan dalam proses pembelajaran adalah media card education. Penelitian ini bertujuan menganalisis keefektifan pembelajaran pendekatan jelajah alam sekitar (JAS) berbantu education card terhadap hasil belajar siswa SMA materi keanekaragaman hayati di SMA N 1 Limbangan. Penelitian ini menggunakan metode Quasi Eksperimental Design dengan bentuk Nonequivalent Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X semester gasal tahun ajaran 2016/2017 sebanyak enam kelas. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling yaitu kelas X 5 dan X 6 sebagai kelas eksperimen dan kelas X 2 sebagai kelas kontrol. Hasil analisis menunjukkan rata-rata hasil belajar kognitif kelas eksperimen sebesar 85,42 dan ketuntasan belajar mencapai 91,89 %, sedangkan pada kelas kontrol sebesar 70,77 dengan ketuntasan belajar mencapai 26,47 %. Hasil belajar psikomotorik kelas eksperimen yaitu 88,34. Hasil belajar aspek afektif kelas eksperimen yaitu 83,45. Secara umum guru dan siswa juga memberikan tanggapan sangat baik terhadap pembelajaran yang diterapkan. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa Pendekatan JAS berbantu education card materi keanekaragaman hayati efektif terhadap hasil belajar siswa di SMAN 1 Limbangan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Education card, JAS, Keanekaragaman hayati
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Q Science > QK Botany
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Biologi, S1
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 03 Jul 2019 15:47
Last Modified: 03 Jul 2019 15:47
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/32303

Actions (login required)

View Item View Item