KONTRIBUSI TINGKAT RASA INGIN TAHU TERHADAP KUALITAS AKTIVITAS SISWA DALAM PEMBELAJARAN RESPIRASI BERBASIS PENDEKATAN SAINTIFIK


Ahmad Alfian Risydan Yasin , 4401411103 (2017) KONTRIBUSI TINGKAT RASA INGIN TAHU TERHADAP KUALITAS AKTIVITAS SISWA DALAM PEMBELAJARAN RESPIRASI BERBASIS PENDEKATAN SAINTIFIK. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of KONTRIBUSI TINGKAT RASA INGIN TAHU TERHADAP KUALITAS AKTIVITAS SISWA DALAM PEMBELAJARAN RESPIRASI BERBASIS PENDEKATAN SAINTIFIK]
Preview
PDF (KONTRIBUSI TINGKAT RASA INGIN TAHU TERHADAP KUALITAS AKTIVITAS SISWA DALAM PEMBELAJARAN RESPIRASI BERBASIS PENDEKATAN SAINTIFIK) - Published Version
Download (248kB) | Preview

Abstract

Permendikbud no. 59 tahun 2014 mengatur pemanfaatan rasa ingin tahu siswa dalam pembelajaran biologi berbasis pendekatan saintifik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) kontribusi tingkat rasa ingin tahu terhadap kualitas aktivitas siswa dalam pembelajaran respirasi berbasis pendekatan saintifik; (2) kontribusi dimensi rasa ingin tahu terhadap dimensi aktivitas siswa dalam pembelajaran respirasi berbasis pendekatan saintifik. Penelitian ini menggunakan metode kombinasi explanatory sequential design. Pengambilan sampel pada metode kuantitatif dengan random sampling dan metode kualitatif dengan purposive sampling. Rasa ingin tahu siswa sebagai variabel bebas dan aktivitas siswa dalam pembelajaran respirasi berbasis pendekatan saintifik sebagai variabel terikat. Data rasa ingin tahu siswa diperoleh dengan metode angket, sedangkan aktivitas siswa dalam pembelajaran respirasi berbasis pendekatan saintifik diperoleh dengan metode angket dan wawancara. Data dianalisis kuantitatif menggunakan teknik deskriptif persentase dan analisis regresi, serta dianalisis kualitatif menggunakan model Miles & Huberman. Hasil penelitian menunjukkan kontribusi rasa ingin tahu terhadap aktivitas siswa dalam pembelajaran respirasi berbasis pendekatan saintifik sebesar 67% & semua kontribusi dimensi rasa ingin tahu terhadap dimensi aktivitas siswa ≥ 9%. Hasil wawancara memperkuat bahwa tingkat rasa ingin tahu yang berbeda berpengaruh terhadap aktivitas mengamati, menanya, mencoba, menalar dan mengkomunikasi yang berbeda pula. Dimensi rasa ingin tahu meliputi upaya menemukan jawaban berpengaruh terhadap aktivitas mengamati, upaya mencari tahu berpengaruh terhadap aktivitas menanya, upaya mencari sumber kurang berpengaruh terhadap aktivitas menanya. Simpulan penelitian ini yaitu: (1) tingkat rasa ingin tahu berkontribusi positif terhadap aktivitas siswa dalam pembelajaran respirasi berbasis pendekatan saintifik; (2) dimensi rasa ingin tahu berkontribusi semua terhadap dimensi aktivitas siswa dalam pembelajaran respirasi berbasis pendekatan saintifik.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: aktivitas siswa, kontribusi, pembelajaran respirasi, pendekatan saintifik, rasa ingin tahu.
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Q Science > QK Botany
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia, S1
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 03 Jul 2019 15:47
Last Modified: 03 Jul 2019 15:47
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/32302

Actions (login required)

View Item View Item