DESAIN LEMBAR KERJA PRAKTIKUM SISWA BERORIENTASI CHEMO-ENTREPRENEURSHIP UNTUK MENGUKUR KETERAMPILAN PROSES SAINS PADA MATERI KOLOID


Eti Kurniawati, 4301413099 (2017) DESAIN LEMBAR KERJA PRAKTIKUM SISWA BERORIENTASI CHEMO-ENTREPRENEURSHIP UNTUK MENGUKUR KETERAMPILAN PROSES SAINS PADA MATERI KOLOID. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of DESAIN LEMBAR KERJA PRAKTIKUM SISWA BERORIENTASI CHEMO-ENTREPRENEURSHIP UNTUK MENGUKUR KETERAMPILAN PROSES SAINS PADA MATERI KOLOID]
Preview
PDF (DESAIN LEMBAR KERJA PRAKTIKUM SISWA BERORIENTASI CHEMO-ENTREPRENEURSHIP UNTUK MENGUKUR KETERAMPILAN PROSES SAINS PADA MATERI KOLOID) - Published Version
Download (448kB) | Preview

Abstract

Kegiatan praktikum sangat diperlukan dalam pembelajaran kimia yang hakikatnya termasuk pembelajaran sains. Komponen yang penting untuk diperhatikan dalam kegiatan praktikum di antaranya adalah lembar kerja praktikum siswa (LKPS). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan dan keefektifan terhadap lembar kerja praktikum siswa berorientasi chemo-entrepreneurship (CEP) untuk mengukur keterampilan proses sains. Penelitian ini dirancang dengan desain Research and Development dengan menggunakan tahap Define, Design and Develop. Penelitian dilaksanakan di SMA Negeri 9 Semarang pada siswa kelas XI untuk mengetahui kelayakan dan keefektifan lembar kerja praktikum siswa. Data hasil penelitian dianalisis secara kuantitatif. Secara kuantitatif, data hasil penelitian dianalisis dengan cara menghitung skor dan menentukan kriteria pada interval kelas tertentu. Hasil analisis data tersebut menunjukkan bahwa LKPS memperoleh skor rerata validasi sebesar 135 sehingga dinyatakan layak secara teoritis. LKPS dinyatakan efektif karena siswa mencapai nilai KKM pada hasil tes dan keterampilan proses sainsnya mendapat predikat baik. Indikator keterampilan proses sains yang memperoleh skor tertinggi hasil observasi yaitu keterampilan mengamati. Keterampilan berhipotesis memperoleh rerata skor terendah. Berdasarkan hasil tes, keterampilan menerapkan konsep mendapatkan rerata skor tertinggi dan keterampilan merencanakan percobaan memperoleh rerata skor terendah. Selain itu, data angket tanggapan siswa LKPS mendapat respon baik dari penggunanya. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa LKPS berorientasi CEP untuk mengukur keterampilan proses sains dinyatakan layak dan efektif diterapkan dalam pembelajaran kimia.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Chemo-Entrepreneurship; Keterampilan Proses Sains; LKPS
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Q Science > QD Chemistry
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia, S1
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 03 Jul 2019 15:40
Last Modified: 03 Jul 2019 15:40
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/32261

Actions (login required)

View Item View Item