ANALISIS PEMAHAMAN KONSEP MELALUI PEMBELAJARAN INQUIRY BERBASIS MULTI REPRESENTASI PADA MATERI BUFFERHIDROLISIS


Lili Kumaesoh Puteri , 4301413092 (2017) ANALISIS PEMAHAMAN KONSEP MELALUI PEMBELAJARAN INQUIRY BERBASIS MULTI REPRESENTASI PADA MATERI BUFFERHIDROLISIS. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of ANALISIS PEMAHAMAN KONSEP MELALUI PEMBELAJARAN INQUIRY BERBASIS MULTI REPRESENTASI PADA MATERI BUFFERHIDROLISIS]
Preview
PDF (ANALISIS PEMAHAMAN KONSEP MELALUI PEMBELAJARAN INQUIRY BERBASIS MULTI REPRESENTASI PADA MATERI BUFFERHIDROLISIS) - Published Version
Download (488kB) | Preview

Abstract

Penerapan level multi representasi penting untuk memberikan pemahaman kimia kepada siswa secara lebih mendalam. Multi representasi terdiri atas level makroskopik, level submikroskopik dan level simbolik. Pendekatan multi representasi efektif diterapkan dengan model pembelajaran inquiry di kelas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui karakter pembelajaran inquiry berbasis multi representasi dan persentase pemahaman konsep siswa pada materi buffer dan hidrolisis. Penelitian studi kasus ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Sampel penelitian diambil dengan teknik purposive sample. Sampel adalah siswa kelas XI IPA 2 SMA Negeri di Kota Semarang. Data hasil penelitian terdiri atas tiga jenis data utama, yaitu skor observasi, deskripsi wawancara dan analisis pemahaman konsep. Identifikasi pemahaman konsep siswa menggunakan Three tier multiple choice diagnostic instrument. Data hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Pembelajaran inquiry berbasis multi representasi memiliki karakter pembelajaran yang tercermin dalam sintak inquiry laboratorium. Pertama, siswa memahami fenomena kimia dengan mengumpulkan informasi melalui pengamatan terhadap sifat-sifat larutan buffer dan garam hidrolisis menggunakan indra penglihatan (level makroskopik). Kedua, siswa menganalisis informasi tersebut ke dalam visualisasi statis berbentuk gambar partikulat (level submikroskopik). Ketiga, siswa menyimpulkan hasil temuannya dengan mengaplikasikan ke dalam tulisan persamaan reaksi dan penggunaan rumus kimia (Level simbolik). Persentase pemahaman konsep siswa pada materi buffer dan hidrolisis antara lain, (1) pemahaman konsep soal posttest yaitu 84,95 % paham konsep (PK), 8% miskonsepsi (Mi), 4,38% untung-untungan (Un), 0,95% kurang paham (KP) dan 1,71 % tidak paham konsep (TP); (2) pemahaman multi representasi sebesar 48,22% paham konsep (PK), 20,89% miskonsepsi (Mi), 15,11% untung-untungan (Un), 6% kurang paham (KP), 9,78% tidak paham (TP).

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Inquiry; Multi Representasi; Three Tier Multiple Choice Diagnostic Instrument
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Q Science > QD Chemistry
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia, S1
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 03 Jul 2019 15:39
Last Modified: 03 Jul 2019 15:39
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/32256

Actions (login required)

View Item View Item