DESAIN MEDIA EDU-CHEM-INTERACTIVE UNTUK MEREDUKSI MISKONSEPSI PADA PEMBELAJARAN STRUKTUR ATOM SISWA KELAS X
Sigit Pamungkas , 4301413090 (2017) DESAIN MEDIA EDU-CHEM-INTERACTIVE UNTUK MEREDUKSI MISKONSEPSI PADA PEMBELAJARAN STRUKTUR ATOM SISWA KELAS X. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF (DESAIN MEDIA EDU-CHEM-INTERACTIVE UNTUK MEREDUKSI MISKONSEPSI PADA PEMBELAJARAN STRUKTUR ATOM SISWA KELAS X)
- Published Version
Download (389kB) | Preview |
Abstract
Ilmu kimia merupakan konsep yang kompleks, dimana saling terhubung antara konsep yang satu dengan yang lainnya. Ketidaksesuaian konsep yang diterima siswa dapat menjadikan miskonsepsi. Data hasil analisis ujian nasional tahun 2014 diperoleh bahwa siswa di wilayah Kota Salatiga memiliki pemahaman konsep yang rendah pada materi struktur atom. Pemahaman konsep yang rendah dapat dipengaruhi oleh masalah utama dalam pembelajaran yaitu miskonsepsi. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran kimia yang mengaitkan ketiga level representasi ilmu kimia dalam bentuk animasi, mengukur tingkat kelayakan dan keefektifannya, serta mengetahui tanggapan siswa terhadap penggunaannya pada proses pembelajaran. Penelitian ini menggunakan desain Research and Development (R & D) dengan pendekatan 4-D yang dimodifikasi menjadi tiga tahap yang meliputi tahap Define, tahap Design, dan tahap Development. Penelitian dilaksanakan di SMA N 2 Salatiga pada tanggal 29 Maret- 17 Mei 2017. Data yang diperoleh dari penelitian ini meliputi hasil validasi ahli media dan ahli materi, ahli soal, tanggapan siswa terhadap penggunaan media. Hasil validasi oleh ahli menunjukkan bahwa media pembelajaran yang dikembangkan dinyatakan layak dengan rata-rata skor validasi ahli media mencapai skor 71, skor 53,67 oleh ahli materi, dan skor 49,34. Hasil analisis pretest dan post test siswa menunjukkan bahwa media pembelajaran yang dikembangkan efektif terhadap penurunan miskonsepsi siswa dengan penurunan sebesar 24%. Selain itu, media pembelajaran juga efektif menggeser konsepsi siswa dari konsepsi tidak tahu konsep dan miskonsepsi menjadi paham konsep sebesar 45%. Siswa juga memberikan tanggapan positif terhadap penggunaan media pembelajaran yang dikembangkan pada proses pembelajaran kimia materi struktur atom. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran yang dikembangkan layak dan efektif digunakan dalam mereduksi miskonsepsi siswa pada pembelajaran struktur atom dan mendapat tanggapan positif dari siswa sebagai pengguna.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Struktur Atom, Miskonsepsi, Edu-Chem-Interactive |
Subjects: | Q Science > Q Science (General) Q Science > QD Chemistry |
Fakultas: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia, S1 |
Depositing User: | Retma IF UPT Perpus |
Date Deposited: | 28 Jun 2019 16:50 |
Last Modified: | 28 Jun 2019 16:50 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/32255 |
Actions (login required)
View Item |