PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) BERORIENTASI CHEMO-ENTREPRENEURSHIP UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP DAN MINAT WIRAUSAHA SISWA KELAS XI IPA


Eka Hidayatun Najjah , 4301413067 (2017) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) BERORIENTASI CHEMO-ENTREPRENEURSHIP UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP DAN MINAT WIRAUSAHA SISWA KELAS XI IPA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) BERORIENTASI CHEMO-ENTREPRENEURSHIP UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP DAN MINAT WIRAUSAHA SISWA KELAS XI IPA]
Preview
PDF (PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) BERORIENTASI CHEMO-ENTREPRENEURSHIP UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP DAN MINAT WIRAUSAHA SISWA KELAS XI IPA) - Published Version
Download (240kB) | Preview

Abstract

Berdasarkan observasi peneliti pada tahun 2016 diketahui bahwa terjadi kekurangsesuaian antara bahan ajar yang dipakai di SMA Negeri 3 Demak dengan kondisi siswa yang menyebabkan hasil belajar pada ujian tengah semester kurang maksimal sehingga dilakukan penelitian yang bertujuan untuk mengetahui kelayakan, keefektifan dalam meningkatkan pemahaman konsep dan meningkatkan minat wirausaha dari LKS berorientasi Chemo-Entrepreneurship (CEP) yang dikembangkan. Penelitian ini dirancang dengan desain Research and Development yang diadaptasi dari model pengembangan pengajaran Sugiyono yang termodifikasi. Penelitian ini bermanfaat sebagai referensi dalam pembelajaran kimia yang mampu meningkatkan pemahaman konsep dan meningkatkan minat wirausaha siswa. Subjek penelitian ini yaitu pada uji coba skala kecil dilakukan pada kelas XII IPA sebanyak 10 siswa dan uji coba skala besar dilakukan pada kelas XI 6 sebanyak 36 siswa. Data hasil penelitian dianalisis secara deskriptif kuantitatif. Data hasil penelitian dianalisis dengan cara menghitung rerata skor dan menentuan kriteria pada interval kelas tertentu. Hasil analisis data menunjukkan bahwa LKS memperoleh rerata skor validasi sebesar 3,4 sehingga dinyatakan valid atau sangat layak. LKS dinyatakan efektif meningkatkan pemahaman konsep karena peningkatan pemahaman konsep siswa sebesar 0,6 dalam kriteria sedang. LKS efektif meningkatkan minat wirausaha siswa karena terjadi peningkatan secara klasikal dari 13,8% menjadi 94,4% dalam kriteria sangat tinggi. Selain itu, data angket menunjukkan bahwa LKS dinyatakan mendapat respon baik dari penggunanya. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa LKS berorientasi CEP dinyatakan sangat layak, efektif, dan dapat diterima dengan baik oleh pengguna sehingga dapat digunakan sebagai sumber belajar siswa yang mampu meningkatkan pemahaman konsep dan meningkatkan minat wirausaha siswa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Chemo-Entrepreneurship, Lembar Kerja Siswa (LKS), Minat Wirausaha.
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Q Science > QD Chemistry
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia, S1
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 28 Jun 2019 13:35
Last Modified: 28 Jun 2019 13:35
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/32243

Actions (login required)

View Item View Item