PENGGUNAAN PETA KONSEP BERBASIS MULTILEVEL DALAM PEMBELAJARAN KIMIA SISWA MATERI BUFFER-HIDROLISIS


Alfiana Agustin , Alfiana Agustin 4301413058 (2017) PENGGUNAAN PETA KONSEP BERBASIS MULTILEVEL DALAM PEMBELAJARAN KIMIA SISWA MATERI BUFFER-HIDROLISIS. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGGUNAAN PETA KONSEP BERBASIS MULTILEVEL DALAM PEMBELAJARAN KIMIA SISWA MATERI BUFFER-HIDROLISIS]
Preview
PDF (PENGGUNAAN PETA KONSEP BERBASIS MULTILEVEL DALAM PEMBELAJARAN KIMIA SISWA MATERI BUFFER-HIDROLISIS) - Published Version
Download (390kB) | Preview

Abstract

Proses pembelajaran kimia materi larutan penyangga dan hidrolisis garam di SMA N 11 Semarang disajikan melalui ceramah. Pada kegiatan belajar, sebagian siswa belum aktif dalam pembelajaran. Adanya kekurangaktifan siswa dalam proses pembelajaran berdampak pada pemahaman konsep siswa terhadap materi kurang. Pada kegiatan belajar biasanya belum mengaitkan materi dengan kehidupan seharihari. oleh karena itu, diperlukan suatu model atau strategi pembelajaran yang digunakan guru agar dapat membantu siswa memahami konsep kimia sesuai tingkat representasi ilmu kimia. Model pembelajaran dengan menggunakan peta konsep berbasis multilevel menjadi salah satu alternatif pilihan dalam pembelajaran yang mampu mengarahkan siswa untuk memahami konsep kimia sesuai tingkat representasi ilmu kimia yaitu secara makroskopis, mikroskopis, dan simbolik. Tujuan penelian ini adalah untuk mengetahui adakah pengaruh pembelajaran menggunakan peta konsep berbasis multilevel terhadap pemahaman konsep kimia siswa. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen. Desain penelitian menggunakan True-Eksperimental Design tipe Posstest-Only. Penelitian dilaksanakan di SMA N 11 Semarang. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik cluster random sampling dan didapatkan kelas XI MIPA 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI MIPA 5 sebagai kelas kontrol. Pengumpulan data menggunakan metode tes, observasi dan angket. Data post test dianalisis menggunakan analisis kuantitatif. Data angket dianalisis menggunakan analisis kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata hasil post test pemahaman konsep kimia siswa kelas eksperimen (76,05) lebih besar dari kelas kontrol (64,21). Hasil analisis pemahaman konsep siswa diperoleh kelas eksperimen sebesar 63% dan kelas kontrol sebesar 50%.berdasarkan hasil uji korelasi biserial hasil penelitian memberikan harga rb sebesar 0,55 sehingga diperoleh koefisien determinasinya 30,25%. Siswa memberi tanggapan yang positif terhadap hasil pembelajaran menggunakan peta konsep berbasis multilevel. Berdasarkan hasil penelitian, maka dapat disimpulkan bahwa pembelajaran menggunakan peta konsep berbasis multilevel berpengaruh terhadap pemahaman konsep kimia siswa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pemahaman Konsep; Peta Konsep; Multilevel dan Pengaruh.
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Q Science > QD Chemistry
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia, S1
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 28 Jun 2019 13:35
Last Modified: 28 Jun 2019 13:35
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/32237

Actions (login required)

View Item View Item