KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN PROBEX BERBANTUAN LEMBAR KERJA SISWA TERHADAP PENCAPAIAN KOMPETENSI SISWA KELAS XI SMA NEGERI AJIBARANG


Sifi Lestari, 4301413035 (2017) KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN PROBEX BERBANTUAN LEMBAR KERJA SISWA TERHADAP PENCAPAIAN KOMPETENSI SISWA KELAS XI SMA NEGERI AJIBARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN PROBEX BERBANTUAN LEMBAR KERJA SISWA TERHADAP PENCAPAIAN KOMPETENSI SISWA KELAS XI SMA NEGERI AJIBARANG]
Preview
PDF (KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN PROBEX BERBANTUAN LEMBAR KERJA SISWA TERHADAP PENCAPAIAN KOMPETENSI SISWA KELAS XI SMA NEGERI AJIBARANG) - Published Version
Download (429kB) | Preview

Abstract

Pembelajaran di kelas yang teramati selama observasi masih bersifat pasif, yang artinya siswa kurang aktif terlibat dalam pembelajaran. Pembelajaran masih cenderung berupa transmisi informasi oleh guru kepada siswa di mana guru sebagai sumber utama pengetahuan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan model pembelajaran Probex berbantuan LKS terhadap pencapaian kompetensi dasar siswa. Populasi penelitian ini adalah seluruh kelas XI MIPA SMA Negeri Ajibarang. Berdasarkan hasil perhitungan χ2 populasi memiliki keadaan awal yang sama. Hasil uji homogenitas diketahui bahwa populasi memiliki varias yang sama. Jenis penelitian ini yaitu True Experimental Design. Metode pengambilan data menggunakan metode dokumentasi, tes, observasi dan angket. Teknik pengambilan sampel menggunakan cluster random sampling dan diperoleh kelas XI MIPA 2 dan XI MIPA 5 sebagai kelas eksperimen dan kelas kontrol. Hasil penelitian setelah kedua kelas sampel diberikan perlakuan pada kegiatan pembelajaran, kelas eksperimen memperoleh rata-rata nilai posttest sebesar 82 sementara kelas kontrol 75. Hasil perhitungan uji tanda data pretest-posttest pada kelas eksperimen dan kontrol diperoleh hhitung sebesar 0 dengan htabel 11. Karena hhitung < htabel, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan signifikan antara pengetahuan awal dengan pemahaman setelah pembelajaran. Hasil perhitungan uji tanda nilai posttest antara kelas eksperimen dan kontrol diperoleh hhitung = 7 dan htabel = 9 yang berarti ratarata nilai hasil belajar kelas eksperimen lebih baik dari kelas kontrol. Berdasarkan analisis butir soal, terdapat 5 butir soal belum tuntas pada kelas eksperimen dan kelas kontrol sebanyak 8 butir soal belum tuntas. Hasil perhitungan ketuntasan belajar klasikal kelas eksperimen mencapai ketuntasan sebesar 80,56%. Hasil analisis keterampilan siswa menunjukkan adanya perbedaan hasil di mana kelas eksperimen lebih baik daripada kelas kontrol dengan perolehan nilai rata-rata lebih dari nilai minimal 75 yaitu 78. Demikian juga dengan hasil analisis sikap siswa kelas eksperimen lebih baik daripada kelas kontrol, ini berarti model pembelajaran Probex memunculkan suasana belajar yang menyenangkan dan memotivasi siswa aktif mengikuti kegiatan pembelajaran. Hal ini menunjukkan bahwa model pembelajaran Probex berbantuan LKS efektif terhadap pencapaian kompetensi dasar siswa dilihat dari perolehan ketuntasan belajar klasikal lebih dari 75% dan rata-rata nilai untuk keterampilan dan sikap lebih dari 75.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: predict observe explain, diskusi, LKS, kompetensi dasar.
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Q Science > QD Chemistry
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia, S1
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 28 Jun 2019 12:47
Last Modified: 28 Jun 2019 12:47
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/32229

Actions (login required)

View Item View Item