DESAIN MATERI AJAR HIDROLISIS TERINTEGRASI PRAKTIKUM DAN PENILAIANNYA UNTUK MENGUKUR KETERAMPILAN LABORATORIUM DAN KETUNTASAN HASIL BELAJAR SISWA
Nofita Megasari , 4301413024 (2017) DESAIN MATERI AJAR HIDROLISIS TERINTEGRASI PRAKTIKUM DAN PENILAIANNYA UNTUK MENGUKUR KETERAMPILAN LABORATORIUM DAN KETUNTASAN HASIL BELAJAR SISWA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF (DESAIN MATERI AJAR HIDROLISIS TERINTEGRASI PRAKTIKUM DAN PENILAIANNYA UNTUK MENGUKUR KETERAMPILAN LABORATORIUM DAN KETUNTASAN HASIL BELAJAR SISWA)
- Published Version
Download (422kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan, keefektifan, dan respon user terhadap materi ajar hidrolisis terintegrasi praktikum. Metode yang digunakan yaitu Research and Development yang meliputi pengumpulan data, perencanaan, pengembangan draft awal, uji coba lapangan awal, revisi hasil uji coba, uji coba lapangan, dan implementasi. Hasil validasi materi ajar menunjukkan bahwa materi ajar yang dikembangkan layak dengan skor rerata komponen materi/isi sebesar 29,8 dari skor maksimal 36; skor rerata komponen penyajian sebesar 45 dari skor maksimal 56, dan skor rerata komponen bahasa sebesar 45,6 dari skor maksimal 56. Uji coba lapangan menunjukkan ketuntasan klasikal hasil belajar siswa ranah kognitif mencapai 84,375%, atau keterampilan laboratorium dan afektif mencapai 100% sedangkan pada tahap implementasi ketuntasan klasikal hasil belajar siswa ranah kognitif mencapai 81,25%, keterampilan laboratorium dan afektif mencapai 100% dari jumlah siswa memperoleh skor dengan kriteria minimal baik. Uji coba lapangan awal menunjukkan tanggapan siswa mencapai skor 52,7 dengan kriteria sangat baik, sedangkan uji coba lapangan tanggapan siswa mencapai skor 47,22 dengan kriteria baik dan tahap implementasi tanggapan siswa mencapai skor 49,48 dengan kriteria baik serta tanggapan guru mencapai skor 53 dan 52 dengan kriteria sangat baik. Secara keseluruhan, materi ajar hidrolisis terintegrasi praktikum dan penilaiannya layak dan efektif digunakan dalam pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | hasil belajar; keterampilan laboratorium; materi ajar. |
Subjects: | Q Science > Q Science (General) Q Science > QD Chemistry |
Fakultas: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia, S1 |
Depositing User: | Retma IF UPT Perpus |
Date Deposited: | 28 Jun 2019 12:46 |
Last Modified: | 28 Jun 2019 12:46 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/32217 |
Actions (login required)
View Item |