PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KETERAMPILAN BERKOMUNIKASI SISWA PADA MATERI LARUTAN PENYANGGA
Fristia Falsafatul Hukmi , 4301413007 (2017) PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KETERAMPILAN BERKOMUNIKASI SISWA PADA MATERI LARUTAN PENYANGGA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF (PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KETERAMPILAN BERKOMUNIKASI SISWA PADA MATERI LARUTAN PENYANGGA)
- Published Version
Download (244kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menemukan pengaruh dan menentukan besarnya pengaruh model problem based learning terhadap keterampilan berkomunikasi siswa yang meliputi komunikasi tertulis dan lisan pada materi larutan penyangga. Penelitian eksperimen menggunakan desain pretest-postest control group. Populasi penelitian kelas XI IPA SMAN 1 Bumiayu Brebes sebanyak 4 kelas. Sampel diambil melalui teknik cluster random sampling terpilih XI 4 dan XI 3 masing-masing sebagai kelas eksperimen dan kontrol. Teknik pengambilan data untuk keterampilan komunikasi tertulis menggunakan tes obyektif dan pengambilan data keterampilan komunikasi lisan melalui lembar observasi. Data tes tertulis dianalisis menggunakan uji t. Data non tes dianalisis menggunakan analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model problem based learning berpengaruh positif dan dalam kategori kuat terhadap keterampilan komunikasi tertulis siswa ditunjukkan dengan nilai koefisien korelasi sebesar 0,67 dan berpengaruh terhadap keterampilan komunikasi lisan siswa ditunjukkan dengan rata-rata nilai keterampilan komunikasi lisan kelas eksperimen lebih baik dari kelas kontrol dan dalam kategori sangat baik. Besarnya pengaruh yang diberikan 44,89%.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | pengaruh; problem based learning; keterampilan berkomunikasi. |
Subjects: | Q Science > Q Science (General) Q Science > QD Chemistry |
Fakultas: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia, S1 |
Depositing User: | Retma IF UPT Perpus |
Date Deposited: | 26 Jun 2019 20:24 |
Last Modified: | 26 Jun 2019 20:24 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/32199 |
Actions (login required)
View Item |