i DESAIN INSTRUMEN PENILAIAN BERBASIS LITERASI SAINS PADA PRAKTIKUM LARUTAN PENYANGGA UNTUK MENGUKUR KETERAMPILAN LABORATORIUM SISWA


Evie Widiani , 4301413002 (2017) i DESAIN INSTRUMEN PENILAIAN BERBASIS LITERASI SAINS PADA PRAKTIKUM LARUTAN PENYANGGA UNTUK MENGUKUR KETERAMPILAN LABORATORIUM SISWA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of i DESAIN INSTRUMEN PENILAIAN BERBASIS LITERASI SAINS PADA PRAKTIKUM LARUTAN PENYANGGA UNTUK MENGUKUR KETERAMPILAN LABORATORIUM SISWA]
Preview
PDF (i DESAIN INSTRUMEN PENILAIAN BERBASIS LITERASI SAINS PADA PRAKTIKUM LARUTAN PENYANGGA UNTUK MENGUKUR KETERAMPILAN LABORATORIUM SISWA) - Published Version
Download (270kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan menggunakan model ADDIE (Analysis, Design, Develop, Implementation, and Evaluation) yang dikemukakan oleh Dick dan Carry, dan bertujuan untuk mengembangkan instrumen penilaian berbasis literasi sains yang dapat digunakan untuk mengukur keterampilan laboratorium yang layak dan reliabel. Langkah yang dikembangkan meliputi analisis potensi dan masalah, perancangan instrumen, validasi ahli, uji coba produk dan evaluasi. Instrumen yang dikembangkan berupa soal uraian dan lembar observasi (teacher, self, and peer assessment). Kelayakan instrumen penilaian berdasarkan hasil validasi ahli diperoleh persentase 86,67% dengan kategori sangat valid. Reliabilitas butir soal yang diukur menggunakan Cronbach Alpha sebesar 0,9044 yang berarti reliabel, sedangkan instrumen penilaian praktikum yang diukur menggunakan rumus inter rater reliability reliabilitas (r11) sebesar 0,4107 diklasifikasikan tidak reliabel. Berdasarkan hasil evaluasi, instrumen penilaian berbasis literasi sains efektif untuk menjenjangkan keterampilan laboratorium siswa berdasarkan teacher assessment, namun penerapan teknik self dan peer assessment tidak efektif karena belum dapat mengungkap keterampilan laboratorium siswa secara optimal akibat pengaruh adanya kecenderungan menilai lebih diri sendiri terhadap kinerjanya.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Instrumen penilaian; Keterampilan laboratorium; Literasi Sains; Self dan Peer Assessment.
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Q Science > QD Chemistry
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia, S1
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 26 Jun 2019 20:24
Last Modified: 26 Jun 2019 20:24
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/32197

Actions (login required)

View Item View Item