PERAMALAN HASIL PRODUKSI KARET RSS (RIBBED SMOKED SHEET) DI PTPN IX KEBUN NGOBO KABUPATEN SEMARANG MENGGUNAKAN METODE EXPONENTIAL SMOOTHING


Suryanto Hasudungan Sihombing , 4111412022 (2017) PERAMALAN HASIL PRODUKSI KARET RSS (RIBBED SMOKED SHEET) DI PTPN IX KEBUN NGOBO KABUPATEN SEMARANG MENGGUNAKAN METODE EXPONENTIAL SMOOTHING. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 4111412022.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (746kB) | Preview

Abstract

Metode peramalan Exponential Smoothing merupakan salah satu model ramalan data berkala (time series) yang dalam penelitian ini digunakan sebagai metode dalam peramalan. Permasalahan yang akan dibahas adalah bagaimana penggunaan Metode Exponential Smoothing untuk peramalan hasil produksi karet RSS (Ribbed Smooked Sheet) di PTPN IX Kebun Ngobo Kabupaten Semarang dengan Minitab dan berapa ramalan hasil produksi karet RSS (Ribbed Smoked Sheet) pada tahun 2017. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis penggunaan Metode Exponential Smoothing untuk peramalan hasil produksi karet RSS di masa mendatang sebagai salah satu alternative pengambilan keputusan dalam strategi penjualan. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah teknik pengumpulan data secara observasi. Metode dokumentasi dalam pengambilan data hasil produksi karet RSS di PTPN IX Kebun Ngobo Kabupaten Semarang tahun 2013-2016. Dalam hal ini perhitungannya menggunakan bantuan Minitab. Dengan metode Triple Exponential Smoothing pada peramalan hasil produksi karet RSS nilai MAPE dengan α = 0,75 lebih kecil bila dibandingkan dengan metode Single Exponential Smoothing dan Double Exponential Smoothing. Saran yang dapat dikemukakan adalah untuk memprediksi berapa hasil produksi karet RSS di tahun mendatang akan lebih baik jika tidak menggunakan perhitungan secara manual tetapi menggunakan program komputer Minitab atau program yang lain sehingga akurasinya lebih tepat.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Peramalan, Hasil Produksi Karet RSS (RIBBED SMOKED SHEET), Metode Exponential Smoothing, Minitab
Subjects: Q Science > QA Mathematics > Forcasting
Q Science > QA Mathematics
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika, S1
Depositing User: Users 7 not found.
Date Deposited: 14 Jan 2019 15:16
Last Modified: 14 Jan 2019 15:17
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/32167

Actions (login required)

View Item View Item