PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS BUKU HARIAN DENGAN TEKNIK PETA PIKIRAN MELALUI MEDIA FOTO PADA SISWA KELAS VIIB SMP NEGERI 3 KUDUS TAHUN AJARAN 2009/2010


Nurul Fuadillah Alhumaira , 2101406695 (2010) PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS BUKU HARIAN DENGAN TEKNIK PETA PIKIRAN MELALUI MEDIA FOTO PADA SISWA KELAS VIIB SMP NEGERI 3 KUDUS TAHUN AJARAN 2009/2010. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS BUKU HARIAN  DENGAN TEKNIK PETA PIKIRAN MELALUI MEDIA FOTO  PADA SISWA KELAS VIIB SMP NEGERI 3 KUDUS  TAHUN AJARAN 2009/2010]
Preview
PDF (PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS BUKU HARIAN DENGAN TEKNIK PETA PIKIRAN MELALUI MEDIA FOTO PADA SISWA KELAS VIIB SMP NEGERI 3 KUDUS TAHUN AJARAN 2009/2010) - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Kegiatan menulis buku harian merupakan kegiatan yang dilakukan oleh siswa setiap harinya. Keterampilan menulis buku harian penting dikuasai siswa kelas VII SMP karena tercantum dalam Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan sebagai materi pelajaran untuk siswa kelas kelas VII. Namun, pada kenyataannya banyak siswa yang mengeluh jika kegiatan belajar sampai pada pokok pembelajaran menulis. Berdasarkan observasi awal dan wawancara langsung dengan guru bidang studi bahasa dan sastra Indonesia SMP Negeri 3 Kudus masih rendah. Rendahnya keterampilan menulis buku harian siswa kelas VII B SMP Negeri 3 Kudus disebabkan karena faktor eksternal dan internal. Faktor eksternal yang menyebabkan rendahnya keterampilan menulis buku harian yaitu teknik mengajar yang digunakan guru cenderung monoton bahkan guru cenderung tidak menggunakan media dalam pengajaran sedangkan faktor internal yaitu siswa kurang memiliki kesadaran akan pentingnya membaca sehingga pebendaharaan kata yang dikuasai sedikit. Hal ini menyebabkan siswa kurang dapat memilih kata-kata yang tepat yang dapat digunakan untuk menulis buku harian. Oleh karena itu, untuk meningkatkan keterampilan menulis buku harian siswa kelas VII B SMP Negeri 3 Kudus digunakan teknik peta pikiran melalui media foto. Permasalahan yang dibahas dalam penelitian ini yaitu bagaimana peningkatan keterampilan menulis buku harian dan perubahan perilaku siswa kelas VII B SMP Negeri 3 Kudus setelah menggunakan teknik peta pikiran melalui media foto. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan peningkatan keterampilan menulis buku harian dan perubahan perilaku siswa kelas VII B SMP Negeri 3 Kudus setelah mendapatkan pembelajaran menulis buku harian dengan menggunakan peta pikiran melalui media foto. Manfaat penelitian ini diharapkan dapat memberikan sumbangan kepada perkembangan penelitian tindakan kelas. Penelitian ini dilakukan dengan tes dan nontes. Alat pengambilan data yang digunakan berupa observasi, jurnal, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan yaitu secara kuantitatif untuk data tes dan kualitatif untuk data nontes. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan keterampilan menulis buku harian setelah menggunakan teknik peta pikiran melalui media foto. Peningkatan ini dapat dilihat melalui hasil tes yang dilakukan pada siswa kelas VII B SMP Negeri 3 Kudus yang meliputi tes siklus I dan siklus II. Peningkatan menulis buku harian meningkat 13,3%. Peningkatan ini terlihat dari nilai rata-rata kelas pada siklus I yang sebesar 69,7 menjadi 79 pada siklus II. Selain itu, perubahan perilaku siswa dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII B tampak lebih senang dan bersemangat dalam menulis buku harian karena siswa mudah menuangkan ide dan kreativitasnya ke dalam sebuah karangan. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, peneliti dapat memberikan saran yaitu (1) guru bahasa dan sastra Indonesia dapat menerapkan teknik peta pikiran dan media foto untuk pembelajaran menulis buku harian. Teknik peta pikiran melalui media foto telah terbukti dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam menulis buku harian. Selain itu, teknik peta pikiran dan media foto menjadikan pembelajaran menulis buku harian lebih menarik dan lebih bervariasi sehingga siswa mudah menuangkan ide ke dalam sebuah karangan, (2) siswa hendaknya bisa memanfaatkan teknik peta pikiran dan media foto sebagai perantara mengolah ide dan gagasan dalam pembelajaran selanjutnya. Tidak menutup kemungkinan juga siswa dapat menerapkan teknik peta pikiran dan penggunaan media foto pada pembelajaran yang lain, dan (3) para praktisi dibidang pendidikan atau peneliti lain dapat melakukan penelitian-penelitian pengembangan yang telah lebih lanjut mengenai keterampilan menulis buku harian.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: keterampilan menulis, buku harian, teknik peta pikiran, media foto.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1)
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 10 Aug 2011 02:42
Last Modified: 25 Apr 2015 05:06
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/3214

Actions (login required)

View Item View Item