EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE PADA HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN KETERAMPILAN TATA BUSANA DI MADRASAH ALIYAH NEGERI KENDAL


Rizqi Annislaily Noor Muslimah , 5401410022 (2017) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE PADA HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN KETERAMPILAN TATA BUSANA DI MADRASAH ALIYAH NEGERI KENDAL. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 5401410022.pdf]
Preview
PDF - Submitted Version
Download (330kB) | Preview

Abstract

Proses pembelajaran Mata Pelajaran Keterampilan Tata Busana terutama pada materi mengubah pola rok sesuai nilai KKM siswa masih rendah yaitu 58,33% dengan nilai KKM yang ditentukan 75. Hasil belajar masih rendah kurang aktifnya siswa dalam proses pemebalajaran, masih rendahnya nilai siswa, maka hasil belajar perlu ditingkatkan dengan menggunakan model pembelajaran thinkpair- share. Model pembelajaran think-pair-share mengajak siswa untuk lebih aktif didalam kelas, serta mangajak siswa untuk berfikir kritis dan mampu bekerjasama dalam kelompok. Tujuan Penelitian ini yaitu untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran think-pair-share pada hasil belajar Mata Pelajaran Keterampilan Tata Busana MAN Kendal, mengetahui seberapa besar efektivitas model pembelajaran think-pair-share pada hasil belajar Mata pelajaran Keterampilan Tata Busana MAN Kendal. Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen. Populasi penelitian ini meliputi 12 kelas, siswa kelas X yang mengikuti Mata Pelajaran Keterampiln Tata Busana. Teknik Pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah random sampling dengan cara undian, dan diperoleh kelas X IPA 3 dan 4 sebagai kelas eksperimen yang akan diberi pembelajaran menggunakan model pembelajaran think-pair-share. Desain penelitian menggunakan One-Group Pretest-Posttest. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode tes, onservasi dan dokumentasi. Pengujian hipotesis menggunakan t-test sebelumnya dilakukan uji prasyarat normalitas dan homogenitas. Besar efektivitas dianalisis dengan uji gain score. Hasil Penelitian menunjukan thitung = 10,35 lebih besar dari pada ttabel = 2,069, tersebut menunjukan adanya keefektifan. Kesimpulan yang diperoleh yaitu ada efektivitas model pembelajaran think-pair-share pada mata pelajaran keterampilan tata busana dan besarnya efektivitas hasil belajar adalah 0,41 atau 41% dalam perhitungan gain masuk pada kategori sedang. Saran yang dapat diajukan yaitu guru juga turut aktif mendapampingi serta memberi pengarahan siswa saat berkelompok saat mengerjakan tugas dalam hal ini lebih meningkatkan kemampuan siswa dalam aspek psikomotorik dan guru dapat menggunakan model pembelajaran think-pair-share selain pada materi merubah pola rok sesuai model, misalnya membuat macam-macam tusuk.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Efektivitas, model pembelajaran think-pair-share, keterampilan tata busana
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > Learning Model
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > Educational Institutions
T Technology > TY Pendidikan Kesejahteraan Keluarga > TY3 Tata Busana S1
Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Tata Busana, S1
Depositing User: S.S Eko Handoyo
Date Deposited: 07 Jan 2019 13:54
Last Modified: 07 Jan 2019 13:54
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/32129

Actions (login required)

View Item View Item