APLIKASI PENGADUAN PELANGGAN BERBASIS ANDROID DI PDAM TIRTA SATRIA KABUPATEN BANYUMAS


Fadhilah Fatin , 5302412115 (2016) APLIKASI PENGADUAN PELANGGAN BERBASIS ANDROID DI PDAM TIRTA SATRIA KABUPATEN BANYUMAS. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 5302412115.pdf]
Preview
PDF - Submitted Version
Download (255kB) | Preview

Abstract

Terkait dengan kebutuhan mendasar dari PDAM Tirta Satria terhadap peningkatan pelayanan kepada pelanggan dan memudahkan pelanggan dalam menyampaikan pengaduan, maka diperlukannya suatu sistem yang dapat mengirim berupa data pengaduan pelanggan ke server melalui perangkat yang mendukung yaitu Android mobile. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk merancang sistem pengaduan pelanggan berbasis Android, pengujian sistem berdasarkan uji blackbox, uji pakar (media),dan uji pengguna. Alur dari penelitian ini dimulai dengan studi kelayakan penerapan sistem untuk menentukan metode dan perancangan sistem yang akan diterapkan. Kemudian observasi di PDAM Tirta Satria dan identifikasi sistem pengaduan pelanggan yang aka dibuat. Pemodelan sistem yang dilanjutkan dengan pengembangan sistem pengaduan dan implementasi sistem. Hasil dari penelitian ini adalah sebuah aplikasi yang dibuat menggunkan bahasa pemrograman JAVA menggunakan aplikasi Android Development Tools for Eclpse. Dalam pengujian blackbox didapatkan hasil bahwa semua fungsi dari menu maupun tombol dapat digunakan dengan baik dan tidak terdapat error. Berdasarkan hasil uji validasi kepada ahli media telah didapatkan prosentase sebesar 72 % termasuk dalam kategori valid. Hasil dari implementasi dengan pelanggan pada penelitian ini dapat disimpulkan bahwa aplikasi pengaduan pelanggan layak digunakan, dan dapat memudahkan petugas pelayanan dalam merekap data karena dilakukan secara otomatis. Saran yang diharapkan adalah dalam pengiriman pengaduan pada aplikasi ini sebaiknya dapat juga mengirim gambar dan pada aplikasi WEB perlu ditambahkan kode atau suara apabila ada data masuk sehinggan lebih memudahkan petugas.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Aplikasi, Pengaduan Pelanggan, Android Development Tools for Eclpse, pengujian blackbox, uji media, uji pengguna
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
H Social Sciences > HF Commerce
J Political Science > JF Political institutions (General)
J Political Science > Government
T Technology > Information and Computer > Expert System
T Technology > Information and Computer > Information System
Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer, S1
Depositing User: S.S Eko Handoyo
Date Deposited: 03 Jan 2019 14:05
Last Modified: 03 Jan 2019 14:05
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/32093

Actions (login required)

View Item View Item