DIGITAL GAME-BASED LEARNING (DGBL) SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN MEMBACA BAHASA ARAB KELAS VII
Annas Nur Aziz , 5302412090 (2017) DIGITAL GAME-BASED LEARNING (DGBL) SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN MEMBACA BAHASA ARAB KELAS VII. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF
- Submitted Version
Download (366kB) | Preview |
Abstract
Bahasa Arab sudah menjadi bahasa internasional yang disahkan oleh PBB selain bahasa Inggris, Perancus, Rusia, dan China sejak 1971. Oleh karena itu, pembelaaran bahasa Arab menjadi sangat penting. Motivasi dan minat siswa dalam pembelajaran bahasa asing, seperti bahasa Arab, menurun seiring pertumbuhan usia. Berdasarkan hasil pengamatan dan wawancara dari guru mata pelajaran bahasa Arab SMP Istiqomah Sambas Purbalingga menunjukkan bahwa kemampuan berbahasa Inggris siswa kelas VII belum mencapai kemampuan yang maksimal khususnya pada keterampilan membaca. Perlu adanya inovasi untuk mengatasi masalah tersebut, salah satunya melalui Digital Game-Based Learning (DGBL). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana merancang dan mengembangkan sebuah game edukasi sebagai media pembelajaran dan mengetahui efektivitas penggunaan DGBL terhadap prestasi akademik siswa dalam pembelajaran bahasa Arab keterampilan membaca. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development untuk mengembangkan DGBL dan Quasi Experimental untuk uji implementasi DGBL terhadap siswa. Dalam penelitian ini dipilih kelas VII (N=72) dengan sampel kelas VII A (N=36) sebagai kelas eksperimen yang menggunakan media pembelajaran DGBL dalam pembelajaran bahasa Arab keterampilan membaca dan kelas VII B (N=36) sebagai kelas kontrol yang melakuan pembelajaran tanpa media DGBL. Hasil penelitian menunjukkan bahwa DGBL yang telah dikembangkan layak digunakan sebagai media pembelajaran bahasa Arab keterampilan membaca. Pemanfaatan DGBL sebagai media pembelajaran juga efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa jika dibandingkan tanpa menggunakan DGBL. Hal ini terbukti dari gain yang didapat oleh kelas eksperimen lebih tinggi daripada kelas control, yaitu 0,497 dan 0,399. Simpulan dari penelitian ini adalah pemanfaatan Digital Game- Based Learning sebagai media pembelajaran mampu membantu peran guru untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Saran yang diajukan peneliti adalah pengembangan DGBL lebih banyak dilakukan karena dapat digunakan sebagai media reguler bagi pembelajaran bahasa Arab.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Digital Game-Based Learning – Media Pembelajaran – Pembelajaran Bahasa Arab – Hasil Belajar |
Subjects: | L Education > L Education (General) > Learning Model P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania T Technology > Information and Computer > Information System T Technology > Computer Engineering |
Fakultas: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer, S1 |
Depositing User: | S.S Eko Handoyo |
Date Deposited: | 02 Jan 2019 14:59 |
Last Modified: | 02 Jan 2019 14:59 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/32087 |
Actions (login required)
View Item |