PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN D-ROLLING GALUS PADA MATERI TEKS DIALOG BAGI SISWA KELAS VIII SMP DI KABUPATEN TEGAL


Laela Faridhoh, 2601412101 (2017) PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN D-ROLLING GALUS PADA MATERI TEKS DIALOG BAGI SISWA KELAS VIII SMP DI KABUPATEN TEGAL. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN D-ROLLING GALUS PADA MATERI TEKS DIALOG BAGI SISWA KELAS VIII SMP DI KABUPATEN TEGAL]
Preview
PDF (PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN D-ROLLING GALUS PADA MATERI TEKS DIALOG BAGI SISWA KELAS VIII SMP DI KABUPATEN TEGAL) - Published Version
Download (278kB) | Preview

Abstract

Teks dialog merupakan salah satu materi yang termuat dalam mata pelajaran Muatan Lokal kelas VIII SMP pada kurikulum 2013. Aspek yang perlu diperhatikan dalam menulis teks dialog adalah diksi, ejaan, tanda baca, dan struktur, sedangkan aspek yang perlu diperhatikan dalam berdialog adalah diksi, lafal, intonasi, serta kelancaran. Berdasarkan hasil observasi, aspek diksi dianggap paling sulit oleh siswa, karena siswa sering kali bingung, kapan harus menggunakan ngoko dan kapan harus menggunakan krama. Faktor dari guru yang belum mengoptimalkan model pembelajaran menjadikan siswa mudah lupa terhadap materi yang telah dipelajari. Maka dari itu, dikembangkan model pembelajaran D-rolling Galus yang dapat melatih siswa untuk menulis teks dialog dan berdialog menggunakan bahasa Jawa dengan baik dan benar. Masalah dalam penelitian ini adalah (1) bagaimana kebutuhan siswa dan guru terhadap model pembelajaran D-rolling Galus; (2) bagaimana sintaks model pembelajaran D-rolling Galus; (3) bagaimana hasil uji ahli terhadap model pembelajaran D-rolling Galus; dan (4) bagaimana hasil uji terbatas model pembelajaran D-rolling Galus. Sesuai dengan masalah penelitian, maka tujuan penelitiannya adalah untuk mendeskripsikan kebutuhan siswa dan guru terhadap model pembelajaran D-rolling Galus, mendeskripsikan sintaks model pembelajaran D-rolling Galus, mendeskripsikan hasil uji ahli terhadap model pembelajaran D-rolling Galus, serta mendeskripsikan hasil uji terbatas model pembelajaran D-rolling Galus. Penelitian ini merupakan penelitian Research and Development (R&D). Subjek penelitiannya adalah siswa dan guru mata pelajaran Bahasa Jawa dari SMP N 1 Talang, SMP N 1 Adiwerna, dan SMP N 1 Slawi. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik tes dan nontes. Teknik tes digunakan untuk mengetahui perbandingan nilai rata-rata pretest dan posttest, sedangkan teknik nontes digunakan untuk mengetahui kebutuhan siswa dan guru terhadap pengembangan model pembelajaran D-rolling Galus. Data yang telah diperoleh kemudian dianalisis dengan metode deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan (1) siswa dan guru membutuhkan model pembelajaran D-rolling Galus, dapat dilihat dari hasil analisis angket kebutuhan siswa dan guru yang menunjukkan bahwa siswa dan guru menyetujui pengembangan model pembelajaran D-rolling Galus; (2) Sintaks model pembelajaran D-rolling Galus terdiri dari presentasi kelas, latihan, mengamati video, pembagian kelompok, penentuan peran, pembuatan teks dialog, dan memainkan peran; (3) Hasil skor uji ahli pembelajaran sebesar 97 dan skor uji ahli materi pembelajran sebesar 77,2 yang berarti bahwa pengembangan model pembelajaran D-rolling Galus dapat diujicobakan di sekolah; dan (4) hasil uji coba terbatas menunjukkan adanya peningkatan keterampilan siswa dalam menulis dan berdialog menggunakan bahasa Jawa yang baik dan benar. Peningkatan keterampilan tersebut diketahui dari perbandingan nilai rata-rata pretest dan postest yang meningkat sebesar 20,7% dengan rata-rata pretest sebesar 66,3 dan posttest sebesar 80. Saran yang dapat diberikan berdasarkan penelitian ini adalah pada materi teks dialog hendaknya guru menggunakan model pembelajaran yang mampu melatih siswa untuk menulis teks dialog dan berdialog menggunakan bahasa Jawa yang baik dan benar seperti model D-rolling Galus, agar siswa dapat menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari dengan mudah. Saran bagi penelitian selanjutnya, diharapkan mampu mengembangkan model pembelajaran yang lebih kreatif dan inovatif pada pembelajaran teks dialog agar siswa mampu menulis teks dialog dan berdialog menggunakan bahasa Jawa yang baik dan benar untuk diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran D-rolling Galus, teks dialog
Subjects: N Fine Arts > NL Theater and Dance
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Jawa (S1)
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 26 Jun 2019 20:22
Last Modified: 26 Jun 2019 20:22
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/32027

Actions (login required)

View Item View Item