PENGEMBANGAN VIDEO STOP MOTION CERITA RAMAYANA “RESI JATAYU” SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN BAHASA JAWA DI SMPN 1 KALIWUNG
Rubba Faatihus Salam , 2601411147 (2017) PENGEMBANGAN VIDEO STOP MOTION CERITA RAMAYANA “RESI JATAYU” SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN BAHASA JAWA DI SMPN 1 KALIWUNG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF (PENGEMBANGAN VIDEO STOP MOTION CERITA RAMAYANA “RESI JATAYU” SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN BAHASA JAWA DI SMPN 1 KALIWUNG)
- Published Version
Download (298kB) | Preview |
Abstract
Media pembelajaran bahasa Jawa pada materi memahami isi teks cerita Ramayana “Resi Jatayu” umumnya masih menggunakan buku teks dalam penyampaian materinya. Di dalam proses pembelajaran, biasanya guru memberikan bacaan cerita Ramayana “Resi Jatayu” yang disediakan di buku paket dan LKS. Akan tetapi kenyataan yang ada di SMPN 1 Kaliwungu, dalam proses pembelajaran di kelas banyak siswa yang tidak memperhatikan pelajaran, hal tersebut terjadi karena kurangnya minat siswa pada materi memahami isi teks cerita Ramayana “Resi Jatayu”. Salah satu upaya untuk meningkatkan minat siswa terhadap materi tersebut dengan menyediakan media pembelajaran yang menarik dan sesuai kebutuhan siswa. Oleh karena itu siswa memerlukan media pembelejaran terhadap materi cerita Ramayana “Resi Jatayu”. Masalah penelitian ini adalah (1) bagaimana kebutuhan siswa dan guru terhadap video stop motion cerita Ramayana “Resi Jatayu” sebagai media pembelajaran bahasa Jawa di SMPN 1 Kaliwungu, (2) bagaimana prototipe video stop motion cerita Ramayana “Resi Jatayu” sebagai media pembelajaran bahasa Jawa di SMPN 1 Kaliwungu, (3) bagaimana hasil uji validasi prototipe video stop motion cerita Ramayana “Resi Jatayu”. Penelitian ini menggunakan pendekatan Research and Development (R&D). Prosedur penelitian yang dilakukan antara lain (1) potensi dan masalah, (2) pengumpulan data, (3) desain produk, (4) validasi produk, (5) revisi produk. Subjek pada penelitian ini adalah guru SMPN 1 Kaliwungu, siswa kelas VIII SMPN 1 Kaliwungu dan dosen ahli untuk mengevaluasi prototipe video stop motion cerita Ramayana “Resi Jatayu". Pengumpulan data dalam penelitian ini adalah teknik observasi, wawancara dan angket kebutuhan. Instrumen dari penelitian ini adalah lembar observasi, lembar pedoman wawancara, dan angket kebutuhan. Teknik analisis data pada penelitian ini mengggunakan teknik deskriptif kualitatif. Berdasarkan analisis kebutuhan guru dan siswa dikembangkanlah video stop motion cerita Ramayana “Resi Jatayu". Pembuatan media menggunakan teknik stop motion. Selain agar siswa paham dan mengerti isi cerita, siswa juga diajarkan unggah-ungguh bahasa Jawa. Sehingga media pembelajaran video stop motion menggunakan bahasa Jawa ragam krama dengan unggah-ungguh yang baik. Setelah film animasi cerita rakyat di buat, selanjutnya dilakukan validasi ahli. Validasi ahli dilakukan untuk mengetahui layak atau tidaknya media pembelajaran video stop motion cerita Ramayana “Resi Jatayu” saat digunakan dalam proses belajar mengajar. Kelayakan video stop motion cerita Ramayana “Resi Jatayu” divalidasi oleh dua ahli yaitu, ahli materi, dan ahli media. Saran dari kedua ahli tersebut sebagai acuan perbaikan video stop motion agar menjadi media pembelajaran yang layak untuk dipergunakan dalam proses belajar mengajar. Peneliti menyarankan hendaknya media ini dapat membantu guru dalam proses pembelajaran. Bagi peneliti lain, hendaknya menguji kembali tentang keefektifan media pembelajaran video stop motion cerita Ramayana “Resi Jatayu”. Untuk sekolahan, diharapkan bisa memproduksi dalam jumlah yang banyak sebagai media pembelajaran yang menunjang proses belajar mengajar, juga sebagai koleksi media pembelajaran bagi sekolah.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | stop motion, cerita wayang, ramayana |
Subjects: | N Fine Arts > NL Theater and Dance |
Fakultas: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Jawa (S1) |
Depositing User: | Retma IF UPT Perpus |
Date Deposited: | 26 Jun 2019 20:22 |
Last Modified: | 26 Jun 2019 20:22 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/32024 |
Actions (login required)
View Item |