PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MENDENGARKAN CERITA RAKYAT DALAM FORMAT FILM ANIMASI BAGI SISWA KELAS V SD MUHAMMADIYAH 4 KABUPATEN BANJARNEGARA


Marheni Dwi Wahyu M., 2601411134 (2017) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MENDENGARKAN CERITA RAKYAT DALAM FORMAT FILM ANIMASI BAGI SISWA KELAS V SD MUHAMMADIYAH 4 KABUPATEN BANJARNEGARA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MENDENGARKAN CERITA RAKYAT DALAM FORMAT FILM ANIMASI BAGI SISWA KELAS V SD MUHAMMADIYAH 4 KABUPATEN BANJARNEGARA]
Preview
PDF (PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MENDENGARKAN CERITA RAKYAT DALAM FORMAT FILM ANIMASI BAGI SISWA KELAS V SD MUHAMMADIYAH 4 KABUPATEN BANJARNEGARA) - Published Version
Download (257kB) | Preview

Abstract

Media pembelajaran berupa cerita rakyat yang berasal dari Kabupaten Banjarnegara masih jarang ditemukan. Sedangkan kebutuhan akan media pembelajaran mendengarkan cerita rakyat yang kontekstual sangat dibutuhkan. Oleh karena itu diperlukan penelitian pengembangan media pembelejaran film animasi cerita rakyat yang berasal dari Kabupaten Banjarnegara. Masalah penelitian ini adalah (1) bagaimana kebutuhan siswa dan guru terhadap film animasi cerita rakyat Adipati Mangunyudo Seda Loji berdialek ngapak bagi kelas V di SD Muhammadiyah 4 Kabupaten Banjarnegara, (2) bagaimana prototipe film animasi cerita rakyat Adipati Mangunyudo Seda Loji berdialek ngapak bagi kelas V di SD Muhammadiyah 4 KabupatenBanjarnegara, (3) bagaimana hasil uji validasi prototipe film animasi cerita rakyat Adipati Mangunyudo Seda Loji berdialek ngapak bagi kelas V di SD Muhammadiyah 4 Kabupaten Banjarnegara, (4) bagaimana hasil uji coba terbatas film animasi cerita rakyat Adipati Mangunyudo Seda Loj berdialek ngapak bagi kelas V di SD Muhammadiyah 4 KabupatenBanjarnegara. Penelitian ini menggunakan pendekatan research and development (R&D). Prosedur penelitian yang dilakukan antara lain (1) potensi dan masalah, (2) pengumpulan data, (3) desain produk, (4) validasi produk, (5) revisi produk, (6) uji coba terbatas. Subjek pada penelitian ini adalah guru SD Muhammadiyah 4 Kabupaten Banjarnegara, siswa kelas 5 di SD Muhammadiyah 4 Kabupaten Banjarnegara, dan dosen ahli untuk mengevaluasi prototipe film animasi cerita rakyat Adipati Mangunyudo Seda Loji. Pengumpulan data pada penelitian ini melalui observasi, wawancara dan angket kebutuhan. Teknik analisis data pada penelitian ini mengggunakan teknik deskriptif kualitatif. Berdasarkan analisis kebutuhan guru dan siswa dikembangkanlah film animasi cerita rakyat Adipati Mangunyudo Seda Loji. Sesuai dengan kebutuhan siswa dan guru, cerita yang diambil adalah cerita yang bertemakan kepahlawanan. Agar siswa paham dan mengerti isi cerita, dialek ngapak digunakan dalam film animasi cerita rakyat. Untuk menarik minat siswa, terdapat tokoh Kang Bawor yang identik dengan orang Banyumas dengan kelucuannya. Film animasi cerita rakyat Adipati Mangunyudo Seda Loji dibuat dengan membentuk karakter siswa, karena terdapat pendidikan moral, unggah-ungguh dan budaya. Setelah film animasi cerita rakyat di buat, selanjutnya dilakukan evaluasi ahli. Tahap selanjutnya dilakukan perbaikan sesuai saran penguji ahli. Setelah dilakukan perbaikan, tahapan selanjutnya adalah uji coba terbatas. Uji coba terbatas dilakukan untuk mengetahui perilaku siswa dalam proses pembelajaran, hasil belajar siswa, hasil tanggapan siswa dan hasil tanggapan guru terhadap prototipe film animasi cerita rakyat Adipati Mangunyudo Seda Loji. Uji coba terbatas dilakukan pada 31 siswa kelas V SD Muhammadiyah 4 Banjarnegara dengan hasil sebagai berikut: 1) perilaku siswa dalam proses pembelajaran menunjukan respon yang positif, 2) hasil belajar siswa berdasarka uji coba terbatas mendapatkan nilai tertinggi 95 , nilai terendah 60 dan nilai rata-rata 83 dengan presentase ketuntasan siswa sebesar 90%, 3) media pembelajaran film animasi cerita rakyat dapat menarik minat dan meningkatkan pemahaman siswa akan pembelajaran bahasa Jawa KD mendengarkan cerita rakyat, 4) guru dapat menggunakan media pembelaran film animasi dengan mudah tanpa mengalami kesulitan serta guru berpendapat bahwa media tersebut sangat membantu pemahaman siswa dalam pembelajaran mendengarkan cerita rakyat. Peneliti menyarankan hendaknya prototipe ini dapat digunakan dalam pembelajaran. Bagi peneliti lain,hendaknya adanya pengembangan lebih banyak tentang cerita rakyat yang berasal dari Kabupaten Banjanegara

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: film animasi, cerita rakyat, dialek ngapak.
Subjects: P Language and Literature > PN Literature (General)
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Jawa (S1)
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 26 Jun 2019 20:22
Last Modified: 26 Jun 2019 20:22
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/32022

Actions (login required)

View Item View Item