PEMBELAJARAN VOKAL DENGAN MENGGUNAKAN SOFTWARE SIBELIUS 6 PADA KELAS XI IPA 3 DI SMA NEGERI 1 BREBES


Mutiara Nur Fadila , 2501413021 (2017) PEMBELAJARAN VOKAL DENGAN MENGGUNAKAN SOFTWARE SIBELIUS 6 PADA KELAS XI IPA 3 DI SMA NEGERI 1 BREBES. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PEMBELAJARAN VOKAL DENGAN MENGGUNAKAN SOFTWARE SIBELIUS 6 PADA KELAS XI IPA 3 DI SMA NEGERI 1 BREBES]
Preview
PDF (PEMBELAJARAN VOKAL DENGAN MENGGUNAKAN SOFTWARE SIBELIUS 6 PADA KELAS XI IPA 3 DI SMA NEGERI 1 BREBES) - Published Version
Download (318kB) | Preview

Abstract

Salah satu keberhasilan dalam pembelajaran di sekolah yaitu adanya peran metode dan media, untuk itu diperlukan adanya strategi penggunaan metode dan media dalam pembelajaran sehingga peran metode dan media dapat dilaksanakan dengan tepat. Salah satu media yang digunakan adalah Sibelius 6 . Dalam penelitian ini masalah yang diangkat adalah: (1).Bagaimana pelaksanaan pembelajaran vokal menggunakan sibelius 6 pada kelas XI IPA 3 di SMA Negeri 1 Brebes? Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan pembelajaran vokal dengan menggunakan Sibelius 6 pada kelas XI IPA 3 SMA Negeri 1 Brebes. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif yang menghasilkan data deskriptif tentang “Pembelajaran Vokal dengan Menggunakan Software Sibelius 6 pada Kelas XI IPA 3 di SMA Negeri 1 Brebes”.Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data diperiksa dengan teknik pemeriksaan keabsahan data, kemudian data dianalisis dengan cara reduksi data, penyajian data, dan verifikasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Pembelajaran Vokal dengan Menggunakan Software Sibelius 6 pada Kelas XI IPA 3 di SMA Negeri 1 Brebes masih menggunakan pembelajaran yang lazim digunakan yaitu dengan memadukan pembelajaran vokal dengan menggunakan sibelius 6. Metode yang dilakukan dalam pembelajaran yaitu metode ceramah, metode diskusi, metode penugasan, dan pendekatan scientific. Pada Pembelajaran tersebut memiliki 3 tahapan yaitu pendahuluan, kegiatan inti, dan penutup. Kelebihan penggunaan sibelius 6 dalam pembelajaran vokal yaitu dapat membidik nada dengan tepat dengan cara mendengarkan instrumen vokal, dapat mempelajari intonasi dengan baik serta dapat bernyanyi sesuai tempo. Kelemahan menggunakan sibelius 6 dalam pembelajaran vokal yaitu tidak dapat mempelajari teknik-teknik vokal seperti artikulasi, vibrato, dan phrasering sehingga teknik tersebut dijelaskan dengan cara metode ceramah. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan tentang Pembelajaran Vokal dengan menggunakan Software Sibelius 6 pada Kelas XI IPA 3 di SMA Negeri 1 Brebes, saran yang dapat diberikan adalah sebagai berikut: (a). Sebaiknya setiap siswa membawa laptop walaupun dalam pembelajaran dalam bentuk kelompok, supaya semua siswa paham materi yang disampaikan oleh guru tidak hanya satu dua orang saja dalam setiap kelompok. (b). Sebaiknya di SMA Negeri 1 Brebes menyediakan studio musik khusus mata pelajaran seni musik yang sudah memiliki fasilitas kedap suara di dalamnya, sehingga tidak menggangu kelas lain.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Vokal, Sibelius 6.
Subjects: M Music and Books on Music > M Music
M Music and Books on Music > MT Musical instruction and study
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Drama, Tari, dan Musik, S1 (Pendidikan Seni Musik)
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 26 Jun 2019 20:21
Last Modified: 26 Jun 2019 20:21
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/32007

Actions (login required)

View Item View Item