“PEMBELAJARAN EKSTRAKURIKULER PADUAN SUARA BERBASIS PRESTASI” Studi Kasus pada SMALACHOIR SMA N 5 PURWOKERTO


Kika Rachel Karita, 2501413015 (2017) “PEMBELAJARAN EKSTRAKURIKULER PADUAN SUARA BERBASIS PRESTASI” Studi Kasus pada SMALACHOIR SMA N 5 PURWOKERTO. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of “PEMBELAJARAN EKSTRAKURIKULER PADUAN SUARA BERBASIS PRESTASI” Studi Kasus pada SMALACHOIR SMA N 5 PURWOKERTO]
Preview
PDF (“PEMBELAJARAN EKSTRAKURIKULER PADUAN SUARA BERBASIS PRESTASI” Studi Kasus pada SMALACHOIR SMA N 5 PURWOKERTO) - Published Version
Download (321kB) | Preview

Abstract

Smalachoir adalah kelompok paduan suara SMA Negeri 5 Purwokerto yang berangkat dari sebuah kegiatan ekstrakurikuler sekolah dan dikelola secara maksimal sehingga kerap kali meraih prestasi dalam setiap even yang diikutinya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui, mendeskripsikan, dan menganalisis proses pembelajaran pada ekstrakurikuler paduan suara Smalachoir SMA Negeri 5 Purwokerto, dan faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi prestasi. Deskriptif kualitatif merupakan pendekatan penelitian yang digunakan dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Proses trianggulasi dilakukan untuk menguji keabsahan data yang diperoleh sebelum dianalisis dengan melakukan tahapan pengumpulan data, penyajian data, reduksi data, yang selanjutnya disusun sebuah kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa pelaksanaan proses pembelajaran ekstrakurikuler paduan suara di SMA Negeri 5 Purwokerto dilakukan dengan 3 tahapan yaitu: pendahuluan yang meliputi pemanasan, tahap penyajian meliputi pendalaman materi dan penyempurnaan seperti latihan keterpaduan, keseimbangan, ekspresi, power, dan koreografi. Tahap penutup meliputi kegiatan evaluasi yaitu sesi tanya jawab dan pada presentasi materi oleh anggota. Faktor yang mempengaruhi prestasi paduan suara SMA Negeri 5 Purwokerto terdiri dari faktor internal, terdiri dari faktor pendukung dan penghambat dan ekstrenal yang terdiri dari faktor pendukung dan penghambat. Pelatih hendaknya mengadakan pelatihan khusus dalam bidang pengolahan vokal dan membaca notasi musik untuk setiap ketua kelompok suara, agar setiap kelompok suara benar-benar menguasai bidangnya masing-masing.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran, Ekstrakurikuler, Paduan Suara, Prestasi
Subjects: M Music and Books on Music > M Music
M Music and Books on Music > MT Musical instruction and study
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Drama, Tari, dan Musik, S1 (Pendidikan Seni Musik)
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 26 Jun 2019 20:21
Last Modified: 26 Jun 2019 20:21
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/32006

Actions (login required)

View Item View Item