KEEFEKTIFAN PEMBELAJARAN DENGAN MENGGUNAKAN METODE RESITASI TERHADAP HASIL BELAJAR IPS EKONOMI POKOK BAHASAN PASAR PADA SISWA KELAS VIII SEMESTER I MTsN KEBUMEN 2 TAHUN PELAJARAN 2008/2009


USWATUN CHASANAH , 3301403068 (2010) KEEFEKTIFAN PEMBELAJARAN DENGAN MENGGUNAKAN METODE RESITASI TERHADAP HASIL BELAJAR IPS EKONOMI POKOK BAHASAN PASAR PADA SISWA KELAS VIII SEMESTER I MTsN KEBUMEN 2 TAHUN PELAJARAN 2008/2009. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of KEEFEKTIFAN PEMBELAJARAN DENGAN MENGGUNAKAN METODE RESITASI TERHADAP HASIL BELAJAR IPS EKONOMI POKOK BAHASAN PASAR PADA SISWA KELAS VIII SEMESTER I  MTsN KEBUMEN 2 TAHUN PELAJARAN 2008/2009]
Preview
PDF (KEEFEKTIFAN PEMBELAJARAN DENGAN MENGGUNAKAN METODE RESITASI TERHADAP HASIL BELAJAR IPS EKONOMI POKOK BAHASAN PASAR PADA SISWA KELAS VIII SEMESTER I MTsN KEBUMEN 2 TAHUN PELAJARAN 2008/2009) - Published Version
Download (491kB) | Preview

Abstract

Pembelajaran IPS ekonomi di MTsN Kebumen 2 kurang efektif dan efisien khususnya pada pokok bahasan pasar. Hal ini dikarenakan metode yang dipakai adalah metode ekspositori. Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah penggunaan metode resitasi efektif untuk mengajarkan materi pasar pada siswa kelas VIII semester I MTsN 2 Kebumen. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui keefektifan penggunaan metode resitasi untuk mengajarkan materi pasar pada siswa kelas VIII semester I MTsN Kebumen 2. Sebagai populasi adalah siswa kelas VIII MTsN Kebumen 2 tahun pelajaran 2008/2009 yang terbagi dalam 8 kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik random sampling, diperoleh siswa kelas VIII A sebagai kelompok eksperimen dan siswa kelas VIII D sebagai kelompok kontrol. Pada kelompok eksperimen pembelajaran menggunakan metode resitasi sedangkan pada kelompok kontrol menggunakan metode ekspositori atau ceramah. Isntrumen penelitian berupa soal bentuk pilihan ganda yang berjumlah 40 sebelum digunakan untuk menghitung data, instrumen diujicobakan terlebih dahulu. Hasil penelitian menunjukan mean kelompok eksperimen sebesar 78.09 dan kelompok kontrol sebesar 71.31 dan di dapat thitung 5.979 sedangkan ttabel 1.99 dengan =5%. Jadi thitung berada pada daerah penolakan Ho. Artinya hasil belajar kelompok eksperimen lebih baik dibandingkan kelompok kontrol. Dengan kata lain, penggunaan metode resitasi lebih efektif dibandingkan dengan menggunakan metode ekspositori untuk mengajarkan materi pasar. Dari hasil penelitian ini diharapkan guru MTsN Kebumen 2 menggunakan metode resitasi untuk mengajarkan materi pasar.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Keefektifan, Resitasi, Pasar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 08 Aug 2011 06:04
Last Modified: 25 Apr 2015 05:05
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/3194

Actions (login required)

View Item View Item