BUDAYA BELAJAR PADA SISWA KELAS X IPS SMA NEGERI 1 SAYUNG KABUPATEN DEMAK
Nur Halimah , 3401411020 (2017) BUDAYA BELAJAR PADA SISWA KELAS X IPS SMA NEGERI 1 SAYUNG KABUPATEN DEMAK. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF
- Published Version
Download (371kB) | Preview |
Abstract
Cara belajar yang sering dilakukan siswa akan menjadi kebiasaan belajar. Kebiasaan-kebiasan tersebut akan menjadi budaya belajar siswa. Budaya yang baik dan sesuai dengan kondisi siswa akan mendukung meningkatnya prestasi yang dimiliki siswa. Sebaliknya siswa yang memiliki budaya kurang baik akan menjadikan prestasi belajar kurang baik juga. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peranan budaya belajar terhadap prestasi belajar siswa. Metode penelitian ini menggunakan desain kualitatif. Lokasi penelitian dilakukan di SMA Sayung Kabupaten Demak. Fokus penelitian yaitu kebiasaan belajar siswa di sekolah, kebiasaan belajar di rumah, aturan atau tata tertib yang ada di sekolah, serta peranan budaya belajar dalam meningkatkan prestasi belajara siswa. Teknik pengumpulan data dengan wawancara, observasi dan dokunetasi. Teknik analisis data menggunakan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa kebiasaan belajar siswa di rumah dilakukan dengan teratur. Siswa belajar sehari 3 waktu. Siswa juga dipantau orang tuanya ketika belajar di rumah. Siswa ada yang belajar kelompok dengan teman yang rumahnya dekat dan ada yang memilih belajar sendiri dengan privat sehingga dapat fokus dengan materi, selain itu diperbaikan pelajaran. Cara belajar siswa di sekolah menunjukkan siswa mengikuti peraturan dengan disiplin. Siswa pada saat mengamati, mendengarkan, dan aktif ketika mengikuti pembelajaran di kelas. Siswa mengikuti pembelajaran dengan metode diskusi yang digunakan guru, siswa dapat mengembangkan kegiatan belajar yang aktif. Siswa yang mengamati pembelajaran menggunakan LCD merasa lebih mudah menerima materi yang diberikan. Interaksi siswa dengan guru berjalan dengan dinamis sehingga pembelajaran dapat berjalan dengan lancar. Budaya belajar yang dimiliki siswa mendukung prestasi belajar di luar jam pelajaran di kelas. Siswa belajar sendiri atau privat dengan mendatangkan guru privat ke rumah siswa. Penggunaan media teknologi seperti LCD menjadikan siswa mudah menerima dan memahami materi yang diberikan guru. Belajar secara teratur menjadikan siswa dapat mengulang materi yang dipelajari sehingga menjadi tidak mudah lupa materi yang dipelajari. Saran yang diberikan adalah sekolah mengembangkan kebiasaa belajar yang mengarah pencapaian prestasi belajar, pembelajaran harus dijaga. Guru harus selalu mencoba memberikan stimulus agar siswa tetap di kelas sehingga pembelajaran akan menjadi menyenangkan.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Budaya Belajar, Prestasi Belajar, Siswa, Culture Of Learning, Learning Achievement, Students |
Subjects: | H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, S1 |
Depositing User: | Users 7 not found. |
Date Deposited: | 14 Dec 2018 14:34 |
Last Modified: | 04 Apr 2019 17:11 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/31920 |
Actions (login required)
View Item |