PERANCANGAN LOGO UMKM “KERUPUK NEON MAS DHUWUR” DI SEMARANG DAN MEDIA APLIKASINYA
Reni Wijayanti , 2411411048 (2017) PERANCANGAN LOGO UMKM “KERUPUK NEON MAS DHUWUR” DI SEMARANG DAN MEDIA APLIKASINYA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF (PERANCANGAN LOGO UMKM “KERUPUK NEON MAS DHUWUR” DI SEMARANG DAN MEDIA APLIKASINYA)
- Published Version
Download (351kB) | Preview |
Abstract
Kerupuk Neon Mas Dhuwur merupakan salah satu perusahaan yang bergerak di bidang kuliner yang berpusat di kota Semarang. Perusahaan ini didirikan sejak 2015 oleh Mas Aji (Mas Dhuwur). Semakin tingginya kebutuhan masyarakat khususnya anak muda yang sangat konsumtif akan makanan ringan, mendorong perusahaan tersebut memperluas sayap bisnisnya dan bermotivasi ingin memperbesar perusahaan serta membuka cabang dibeberapa kota besar di Jawa Tengah. Tujuan dari Proyek Studi ini adalah untuk membantu perusahaan agar berkembang dari perusahaan kecil menjadi besar dalam menghadapi persaingan yang terjadi di pasar nasional sehingga dapat membawa nama perusahaan mencapai tingkat yang lebih tinggi. Secara garis besar, proses perancangan Proyek Studi ini melalui 4 tahap yaitu proses preliminary, proses pra-produksi, proses produksi, dan proses pasca-produksi. Dalam berkarya, teknik cetak yang digunakan meliputi digital printing, press dan grafir. Melalui proses perancangan logo yang kemudian diterapkan pada media promosi tersebut, dihasilkan karya berupa logo, tagline, icon, stationery (kartu nama), poster, uniform, banner, dan merchandise (jam dinding). Perancangan seluruh karya ini memperhatikan unsur-unsur desain seperti garis, bidang, ruang, warna. Prinsip-prinsip desain seperti keseimbangan, dominasi dan kesatuan juga digunakan sehingga tercipta desain yang estetis. Ciri umum desain yang dibuat yaitu selalu menampilkan logo Kerupuk Neon Mas Dhuwur, serta dominan menggunakan kombinasi background berupa gradasi putih dengan sedikit warna kuning di bagian bawah yang bervariasi dengan tebal tipisnya gambar produk (kerupuk), sehingga mencerminkan citra perusahaan yang berkonsep simple, ringan dan murah. Jenis pesan yang terkandung dalam media promosi bersifat informatif, persuasif, pengingat, penambah nilai dan membantu aktivitas lain. Perancangan logo serta penerapannya pada media promosi ini diharapkan dapat meningkatkan brand awareness, memperluas segmentasi pasar, juga memberikan sebuah citra atau image yang baik di hadapan konsumen yang sesuai dengan visi dan misi perusahaan, serta media yang telah dirancang juga dapat didistribusikan sesuai dengan khalayak sasaran yang dituju.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | perancangan, logo, kerupuk neon mas dhuwur, media aplikasi |
Subjects: | N Fine Arts > N Visual arts (General) For photography, see TR N Fine Arts > NX Arts in general |
Fakultas: | Fakultas Bahasa dan Seni > Desain Komunikasi Visual, S1 |
Depositing User: | Retma IF UPT Perpus |
Date Deposited: | 26 Jun 2019 20:06 |
Last Modified: | 26 Jun 2019 20:06 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/31916 |
Actions (login required)
View Item |