ANALISIS ISI KURIKULUM MATA PELAJARAN BAHASA MANDARIN SEKOLAH MENENGAH PERTAMA DI SEMARANG


Dian Lailisa Afdilla , 2404412030 (2017) ANALISIS ISI KURIKULUM MATA PELAJARAN BAHASA MANDARIN SEKOLAH MENENGAH PERTAMA DI SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of ANALISIS ISI KURIKULUM MATA PELAJARAN BAHASA MANDARIN SEKOLAH MENENGAH PERTAMA DI SEMARANG]
Preview
PDF (ANALISIS ISI KURIKULUM MATA PELAJARAN BAHASA MANDARIN SEKOLAH MENENGAH PERTAMA DI SEMARANG) - Published Version
Download (414kB) | Preview

Abstract

Kurikulum merupakan salah satu variabel pendidikan yang berperan penting dalam meningkatkan kualitas pendidikan. Oleh karena itu, upaya peningkatan kualitas pendidikan masih terus dilakukan. Setiap satuan pendidikan diberi keleluasaan untuk menyusun dan mengembangkan kurikulumnya sendiri yang berpedoman pada panduan penyusunan yang dikembangkan BSNP. Namun, setiap penyelenggara pendidikan di tingkat satuan pendidikan, khususnya guru tentunya mempunyai pemahaman yang berbeda terhadap isi kurikulum dan tentunya akan menghasilkan kurikulum yang bervariatif. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui isi dan pengembangan kurikulum bahasa Mandarin dalam lingkup Silabus, Rancangan Program Pembelajaran (RPP) dan bahan ajar SMP kelas VII. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu deskriptif kualitatif. Penelitian ini dimaksudkan untuk mendeskripsikan isi kurikulum bahasa Mandarin yang berupa RPP, Silabus dan materi pembelajaran yang digunakan pada kelas VII di SMP Nusa Putera, SMP Kebon Dalem dan SMP Karangturi kota Semarang. Hasil penelitian, SMP Nusa Putera memiliki pengembangan dan penyususnan RPP dan Silabus paling baik, SMP Kebon Dalem masih terdapat kekurangan dalam penyusunan RPP dan pengembangan Silabus, sedangkan SMP Karangturi tidak memiliki dokumen yang berupa RPP dan Silabus. Berdasarkan hasil tersebut masih diperlukan sosialisasi lebih lanjut untuk pihak sekolah dan para pengajar dalam menyusun isi kurikulum khususnya dalam penyusunan RPP dan Silabus agar dapat tercipta kurikulum yang lebih efektif dan efisien.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Analisis isi, Bahasa Mandarin, Kurikulum
Subjects: P Language and Literature > PE English
P Language and Literature > PR English literature
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Mandarin
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 26 Jun 2019 20:04
Last Modified: 26 Jun 2019 20:04
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/31881

Actions (login required)

View Item View Item