KINERJA BIROKRASI PEMERINTAH, DALAM MENINGKATKAN PELAYANAN MASYARAKAT, DENGAN APLIKASI QUICK RESPONE DAN WEB DI KANTOR KELURAHAN KALISEGORO KECAMATAN GUNUNGPATI KOTA SEMARANG


Aditya Putra Widayat, 3312412082 (2017) KINERJA BIROKRASI PEMERINTAH, DALAM MENINGKATKAN PELAYANAN MASYARAKAT, DENGAN APLIKASI QUICK RESPONE DAN WEB DI KANTOR KELURAHAN KALISEGORO KECAMATAN GUNUNGPATI KOTA SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 3312412082.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (328kB) | Preview

Abstract

Perkembangan teknologi khususnya telekomunikasi multimedia dan teknologi informasi saat ini akan merubah tatanan organisasi dan hubungan sosial kemasyarakatan. Perubahan-perubahan menuju pemerintah yang demokratis, transparan, dan akuntabel yang mulai dilakukan akan melahirkan tata pemerintahan yang baik atau good government. Adanya kemajuan teknologi yang pesat, maka kelurahan Kalisegoro mencanangkan aplikasi pengaduan berbasis Quick Respone dan WEB yang mampu meningkatan kinerja pegawai dalam rangka membangun kualitas kinerja. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana pemanfaatan aplikasi Quick Respon dan WEB oleh pemerintah kelurahan Kalisegoro kecamatan Gunungpati Kota Semarang? (2) Bagaimana kualitas pengaduan masyarakat dalam memberikan pengaduan kepada pemerintah kelurahan Kalisegoro kecamatan Gunungpati Kota Semarang? (3) Bagaimana kinerja aparat kelurahan Kalisegoro kecamatan Gunungpati Kota Semarang dalam memberi pelayanan kepada masyarakat setelah adanya aplikasi Quick respone dan WEB?. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Lokasi penelitian di Kantor kelurahan Kalisegoro Kecamatan Gunungpati Kota Semarang. Fokus penelitian Analisis pemanfaatan aplikasi Quick Respone dan WEB, Analisis kualitas pengaduan masyarakat dalam memberikan pengaduan kepada pemerintah kelurahan Kalisegoro meliputi pengaduan masyarakat yang bersifat penting, kurang penting, benar dan objektif, Analisis kinerja aparat kelurahan Kalisegoro dalam memberi pelayanan kepada masyarakat setelah adanya aplikasi Quick respone dan WEB oleh pemerintah kelurahan Kalisegoro. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah wawancara, library research atau dokumentasi dan Observasi. Keabsahan data dengan teknik triangulasi sumber. Metode analisis data dalam penelitian dengan menggunakan Langkah-langkah 1) pengumpulan data, 2) reduksi data, 3) penyajian data, 4) penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini adalah pemanfaatan aplikasi Quick Respone dan WEB yang ada di kelurahan Kalisegoro bertujuan untuk mewujudkan kemudahan kepada masyarakat dan pelayanan prima yang dilakukan oleh aparat kelurahan kepada masyarakat. Sebagai contoh dengan adanya aplikasi pengaduan Quick respone dan WEB masyarakat khususnya RW 3 mengadukan permasalahanpermasalahan yang terjadi di sekitar mereka, pengaduan berupa permasalahan infrastruktur di sekitar wilayah mereka. Namun masyarakat lebih merasa puas dengan datang dan bertemu langsung dengan aparat kelurahan Kalisegoro daripada harus mealului aplikasi Quick Respone dan WEB. Kualitas aduan yang dilakukan masyarakat melalui aplikasi Quick Respone dan WEB masih rendah, dikarenakan faktor SDM sebagian masyarakat yang masih rendah. Rendahnya SDM sebagian masyarakat kelurahan Kalisegoro membuat pengaduan yang tidak maksimal dan tidak perlu. Kinerja aparat kelurahan Kalisegoro mampu menjalankan aplikasi Quick Respone dan WEB, untuk aparat kelurahan yang memiliki umur di atas 45 tahun tetap dipekerjakan dan diberikan pelatihan dalam menggunakan aplikasi. Dari segi psikologis bahwa apararat kelurahan Kalisegoro dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat dilakukan secara prima dan memiliki motivasi tinggi dalam memberikan kinerja yang maksimal dalam menyelesaikan aduan yang diberikan oleh masyarakat melalui aplikasi Quick Respone dan WEB. Saran yang diajukan dalam penelitian ini adalah perlu adanya pembenahan terhadap penerapan aplikasi Quick Respone dan WEB yang ada di kelurahan Kalisegoro, perlunya penambahan petugas (admin) yang menangani aduan masyarakat, penambahan perangkat komputer agar lebih banyak data yang ditampung oleh aplikasi Quick Respone dan WEB. Perlu adanya sosialisasi ulang dan pebinaan secara menyeluruh kepada masyarakat kelurahan Kalisegoro sebagai pengguna aplikasi Quick Respone dan WEB supaya aduan-aduan yang diberikan oleh masyarakat sesuai standar yang diberikan oleh pihak kelurahan Kalisegoro. Memberiakn pendampingan kepada petugas (admin) agar aparat kelurahan Kalisegoro memahami akan penggunaan aplikasi Quick Respone dan WEB, guna memaksimalkan pelayanan kepada masyarakat kelurahan Kalisegoro.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kinerja, Pelayanan Publik, Quick Respone, WEB
Subjects: H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform > Public Service
J Political Science > JS Local government Municipal government
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, S1
Depositing User: Users 7 not found.
Date Deposited: 11 Dec 2018 17:57
Last Modified: 04 Apr 2019 18:47
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/31879

Actions (login required)

View Item View Item