ANALISIS BUKU AJAR BAHASA MANDARIN SMA KRISTEN YSKI SEMARANG 2015/2016 SESUAI DENGAN KETETAPAN KELAYAKAN PENYAJIAN BSNP
Windi Tiarasari , 2404412011 (2017) ANALISIS BUKU AJAR BAHASA MANDARIN SMA KRISTEN YSKI SEMARANG 2015/2016 SESUAI DENGAN KETETAPAN KELAYAKAN PENYAJIAN BSNP. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF (ANALISIS BUKU AJAR BAHASA MANDARIN SMA KRISTEN YSKI SEMARANG 2015/2016 SESUAI DENGAN KETETAPAN KELAYAKAN PENYAJIAN BSNP)
- Published Version
Download (255kB) | Preview |
Abstract
Buku ajar merupakan salah satu peranan penting pendukung pendidikan. Pendidikan yang baik menjadi salah satu faktor penting yang menjadi penunjang keberhasilan suatu bangsa dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusia. Buku ajar yang baik dapat digunakan sebagai penunjang pembelajaran sehingga dapat memperlancar proses kegiatan belajar mengajar serta untuk mencapai tujuan pendidikan. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu bagaimana bentuk penyajian buku ajar Bahasa Mandarin SMA K YSKI jika ditinjau dari kriteria kelayakan penyajian buku ajar yang sesuai dengan BSNP? Dan bagaimanakah kebutuhan siswa dalam pencapaian tujuan pembelajaran bahasa Mandarin di SMA K YSKI Semarang melalui buku ajar Bahasa Mandarin tersebut?. Sehingga, tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis bentuk penyajian buku ajar yang digunakan di SMA Kristen YSKI Semarang jika ditinjau dari kriteria kelayakan penyajian buku ajar yang sesuai dengan ketentuan BSNP dan untuk mengetahui kebutuhan siswa dalam pencapaian tujuan pembelajaran bahasa Mandarin di SMA Kristen YSKI melalui buku ajar tersebut. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode dokumentasi dan wawancara. Data yang digunakan dalam penelitian ini diambil dari Buku Ajar Bahasa Mandarin SMA K YSKI Semarang 2015/2016 dan hasil wawancara yang didapatkan dari wawancara peneliti dengan narasumber yaitu penyusun buku ajar tersebut yang juga sebagai pengampu mata pelajaran bahasa Mandarin di SMA K YSKI. Instrumen penelitian yang digunakan dalam penelitian ini, peneliti mengunakan penilaian Uji Kelayakan Penyajian yang disediakan oleh BSNP. Hasil penelitian yang didapatkan untuk bentuk penyajian Buku Ajar bahasa Mandarin SMA K YSKI Semarang adalah 47% dari buku ajar sudah sesuai dengan kriteria kelayakan penyajian buku ajar dari BSNP, 23% dari buku ajar kurang sesuai dengan kriteria kelayakan penyajian buku ajar dari BSNP, dan 29% dari buku ajar tidak sesuai dengan kriteria kelayakan penyajian buku ajar dari BSNP. Kemudian untuk pemenuhan kebutuhan untuk pencapaian tujuan pembelajaran bahasa Mandarin di SMA K YSKI sudah 80% terpenuhi oleh buku ajar tersebut.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | kelayakan penyajian; buku ajar; analisis |
Subjects: | P Language and Literature > PE English P Language and Literature > PN Literature (General) |
Fakultas: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Mandarin |
Depositing User: | Retma IF UPT Perpus |
Date Deposited: | 26 Jun 2019 20:04 |
Last Modified: | 26 Jun 2019 20:04 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/31863 |
Actions (login required)
View Item |