PELAKSANAAN PENDIDIKAN NASIONALISME DAN KARAKTER BANGSA PADA PESERTA DIDIK DI SMA NEGERI 1 NGLUWAR KECAMATAN NGLUWAR KABUPATEN MAGELANG


Helwa Lutfiana Sugiyanti , 3301413075 (2017) PELAKSANAAN PENDIDIKAN NASIONALISME DAN KARAKTER BANGSA PADA PESERTA DIDIK DI SMA NEGERI 1 NGLUWAR KECAMATAN NGLUWAR KABUPATEN MAGELANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 3301413075.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (440kB) | Preview

Abstract

Rasa nasionalisme penting untuk selalu ditanamkan oleh semua orang terutama pemuda penerus bangsa. Tingkat nasionalisme menjadi alat penentu karakter atau jati diri bangsa tersebut. Hal tersebut, menjadikan pemerintah gencar melaksanakan program penanaman nasionalisme, salah satunya melalui program pendidikan nasionalisme dan karakter bangsa. SMA Negeri 1 Ngluwar menjadi salah satu sekolah yang menjalankan program pendidikan nasionalisme dan karakter bangsa tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengetahui pelaksanaan pendidikan nasionalisme dan karakter bangsa pada peserta didik di SMA Negeri 1 Ngluwar; 2) mengetahui hambatan yang dihadapi dalam pelaksanaan pendidikan nasionalisme dan karakter bangsa. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Lokasi penelitian ini adalah di SMA Negeri 1 Ngluwar Kecamatan Ngluwar Kabupaten Magelang.Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Uji validitas data menggunakan triangulasi sumber. Teknik Interatif analisis data kualitatif dilakukan dengan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) pendidikan nasionalisme dan karakter bangsa di SMA Negeri 1 Ngluwar dilaksanakan berdasarkan quarter track strategis yaitu strategi pengintegrasian melalui mata pelajaran dan strategi melalui kegiatan ekstrakurikuler dan pembiasaan. Pertama, strategi pengintegrasian pada mata pelajaran dilakukan dengan metode diskusi dan metode penugasan proyek. Kedua, strategi melalui kegiatan ekstrakurikuler dan pembiasaan dilakukan dengan menggunakan metode keteladanan, pembiasaan, pemberian sanksi dan pelatihan. Metode keteladanan diterapkan melalui guru memberikan contoh dengan menyisihkan uang guna bakti sosial, guru memberikan contoh untuk saling tegur senyum sapa salam. Metode pembiasaan diterapkan melalui kegiatan upacara peringatan hari besar nasional, upacara bendera setiap hari senin, mendengarkan lagu-lagu kebangsaan setiap pagi, menyanyikan lagu Indonesia raya setiap pagi, mengibarkan bendera merah putih di halaman sekolah setiap hari, pemasangan atribut nasionalisme di ruang kelas dan koridor sekolah, lapor guru dan hormat bendera di dalam kelas, menyayikan lagu daerah setelah pembelajaran, penggunaan salam ABITA. Metode pelatihan diterapkan melalui kegiatan ekstrakurikuler PMR, PASKIBRA, pramuka, tari tradisional, pencak silat dan topeng ireng. Metode pemberian sanksi diterapkan dengan cara teguran dan lari lapangan dalam kegiatan pelatihan PASKIBRA. Evaluasi pelaksanaan pendidikan nasionalisme dan karakter bangsa dilihat pada ix segi proses dan hasil melalui pencatatan dan pengamatan. Dari segi proses, penilaian dilakukan melalui pengamatan oleh guru terhadap aktivitas sikap dan perilaku. Sedangkan, segi hasil dinilai dari tes, penugasan, dan hasil rapot. 2) hambatan yang dihadapi dalam pelaksanaan pendidikan nasionalisme dan karakter bangsa yaitu faktor pendanaan, faktor guru yang kurang maksimal dalam menjalankan kegiatan nasionalisme dan karakter bangsa, dan faktor peserta didik yang menyepelekan kegiatan-kegiatan sekolah terkait nasionalisme. Saran dari peneliti yaitu: 1) sekolah dapat melengkapi sarana dan prasarana guna menunjang pelaksanaan pendidikan nasionalisme dan karakter bangsa dan juga menggadakan workshop atau seminar terkait nasionalisme dan karakter bangsa untuk guru, 2) guru dapat mengembangan rencana pembelajaran dan pengembangan materi di dalam pembelajaran dengan lebih menarik serta guru lebih peduli dengan upaya pelaksanaan pendidikan nasionalisme dan karakter bangsa, 3) peserta didik lebih peduli dan menjalankan dengan benar-benar penanaman nilai-nilai nasionalisme dan karakter bangsa yang ditanamkan oleh sekolah dalam setiap kegiatan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pendidikan, nasionalisme, karakter bangsa
Subjects: H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform > Character Building
L Education > Special Education > Civic Education
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, S1
Depositing User: Users 7 not found.
Date Deposited: 07 Dec 2018 18:58
Last Modified: 04 Apr 2019 17:01
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/31838

Actions (login required)

View Item View Item