PENANAMAN KARAKTER TANGGUNG JAWAB DAN KEPEDULIAN PADA PESERTA DIDIK HOMESCHOOLING MELALUI MATA PELAJARAN PKn DI PUSAT KEGIATAN BELAJAR MASYARAKAT ANUGRAH BANGSA PAKET B BANYUMANIK SEMARANG


Jumaniyatu Lamiah , 3301413032 (2017) PENANAMAN KARAKTER TANGGUNG JAWAB DAN KEPEDULIAN PADA PESERTA DIDIK HOMESCHOOLING MELALUI MATA PELAJARAN PKn DI PUSAT KEGIATAN BELAJAR MASYARAKAT ANUGRAH BANGSA PAKET B BANYUMANIK SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 3301413032.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (342kB) | Preview

Abstract

Pembangunan karakter bangsa seharusnya dikembangkan dalam pendidikan baik formal, informal, maupun nonformal. Pendidikan nonformal dilatarbelakangi oleh keterbatasan pendidikan formal, yaitu pendidikan formal tidak memadai untuk menampung semua anggota masyarakat yang ingin terlibat dalam proses belajar mengajar secara formal. Pendidikan nonformal dengan model homeschooling menggunakan pendekatan yang disesuaikan dengan keadaan dan kebutuhan peserta didik. Beberapa orang tua merasa anaknya tidak dapat mengikuti pembelajaran pada pendidikan formal, karena keterbatasan kemampuan intelektual dan psikologis. Hal tersebut menjadi faktor orang tua memilih pendidikan alternatif, yaitu pendidikan nonformal dengan model homeschooling. Keterbatasan kemampuan intelektual dan psikologis dapat mempengaruhi karakter peserta didik homeschooling. Penanaman karakter tanggung jawab dan kepedulian di PKBM Anugrah Bangsa Paket B Banyumanik Semarang penting, karena belum mengerti arti sebenarnya dari karakter tanggung jawab dan kepedulian. Keberagaman karakter dan latar belakang permasalahan dari masing-masing peserta didik homeschooling juga menjadi faktor penghambat dari kenerhasilan penanaman karakter tanggung jawab dan kepedulian. Masalah dalam penelitian di PKBM Anugrah Bangsa Paket B Banyumanik Semarang adalah bagaimana proses penanaman karakter tanggung jawab dan kepedulian pada peserta didik homeschooling melalui mata pelajaran PKn, faktor penghambat penanaman karakter tanggung jawab dan kepedulian, faktor pendukung penanaman karakter tanggung jawab dan kepedulian. Tujuan penelitian adalah mendeskripsikan proses penanaman karakter tanggung jawab dan kepedulian pada peserta didik homeschooling melalui mata pelajaran PKn di PKBM Anugrah Bangsa Paket B Banyumanik Semarang, mendeskripsikan faktor penghambat penanaman karakter tanggung jawab dan kepedulian, dan mendeskripsikan faktor pendukung penanaman karakter tanggung jawab dan kepedulian. Pendekatan penelitian di PKBM Anugrah Bangsa Paket B Banyumanik Semarang menggunakan pendekatan kualitatif. Lokasi penelitian di PKBM Anugrah Bangsa Paket B Banyumanik Semarang. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik pengujian dalam penentuan validitas data adalah menggunakan trianggulasi. Metode analisis data yang digunakan adalah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) proses penanaman karakter tanggung jawab dan kepedulian pada peserta didik homeschooling melalui mata pelajaran PKn di PKBM Anugrah Bangsa Paket B Banyumanik Semarang berjalan cukup baik melalui keteladan Tutor dan warga sekolah lainnya. Contoh nilai-nilai karakter tanggung jawab dan kepedulian yang ditanamkan, yaitu (a) peserta didik homeschooling masuk tepat waktu ketika pembelajaran PKn, (b) peserta didik homeschooling memperhatikan penjelasan Tutor ketika pembelajaran PKn, (c) peserta didik homeschooling mengerjakan tugas atau PR yang diberikan Tutor, (d) peserta didik homeschooling membawa buku pelajaran ketika pembelajaran PKn, (e) adanya pembagian tugas piket kebersihan kelas, (f) peserta didik homeschooling bertanggung jawab ketika meminjam suatu barang milik orang lain dan langsung mengembalikannya, (g) peserta didik homeschooling bersedia membantu teman lain yang sedang mengalami kesusahan ketika pembelajaran PKn, (h) peserta didik homeschooling menjenguk teman lain yang sedang sakit, (i) peserta didik homeschooling mengikuti aksi atau kegiatan sosial di luar pembelajaran PKn, seperti membantu korban bencana letusan Gunung Merapi, membagikan bantuan berupa sembako untuk masyarakat sekitar di lingkungan sekolah, mengikuti kegiatan di bidang pertanian atau peternakan dengan masyarakat sekitar (Pertanian Terintegrasi), dan lain-lain, (j) peserta didik homeschooling diajarkan untuk selalu menjaga kebersihan kelas dan lingkungan, (k) tersedianya peralatan kebersihan di dalam atau di luar kelas, (l) peserta didik homeschooling membiasakan diri hemat energi, (m) dan lain-lain. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penanaman karakter tanggung jawab dan kepedulian pada peserta didik homeschooling melalui mata pelajaran PKn di PKBM Anugrah Bangsa Paket B Banyumanik Semarang sudah cukup baik, dimana di dalam pelaksanaannya terdat faktor pengahambat dan pendukungnya. Saran yang diberikan peneliti adalah (1) sebaiknya Dinas Pendidikan memberikan pelatihan Tutor untuk menghadapi tantangan zaman, (2) Tutor sebagai pendidik dan teladan sebaiknya meningkatkan kompetensi serta sikap dan perilaku yang berkarakter, (3) perlu adanya peningkatan dukungan dari seluruh warga sekolah (Ketua Paket B, Tutor, staf, dan karyawan) dalam penanaman niali-nilai karakter tanggung jawab dan kepadulian.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: tanggung jawab, kepedulian, PKn, homeschooling
Subjects: H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform > Character Building
L Education > Special Education > Civic Education
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, S1
Depositing User: Users 7 not found.
Date Deposited: 07 Dec 2018 13:38
Last Modified: 04 Apr 2019 18:48
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/31825

Actions (login required)

View Item View Item