PEMANFAATAN PAPER TUBE SEBAGAI MEDIA BERKARYA GAMBAR RAGAM HIAS PADA KELAS VIII A SMP NEGERI 1 SUKOLILO PATI
Novia Puri Wahyu Kemuning , 2401412048 (2017) PEMANFAATAN PAPER TUBE SEBAGAI MEDIA BERKARYA GAMBAR RAGAM HIAS PADA KELAS VIII A SMP NEGERI 1 SUKOLILO PATI. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF (PEMANFAATAN PAPER TUBE SEBAGAI MEDIA BERKARYA GAMBAR RAGAM HIAS PADA KELAS VIII A SMP NEGERI 1 SUKOLILO PATI)
- Published Version
Download (298kB) | Preview |
Abstract
Tujuan penelitian adalah mengkaji masalah proses serta hasil pemanfaatan paper tube sebagai media berkarya dalam pembelajaran gambar ragam hias di Kelas VIII A SMP Negeri 1 Sukolilo Pati. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, yang berlokasi di SMP Negeri 1 Sukolilo Pati dengan subjek penelitian siswa Kelas VIII A. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan analisis kualitatif yaitu melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan simpulan. Selain itu dilakukan pula dengan analisis kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Proses pemanfaatan paper tube sebagai media berkarya dalam pembelajaran gambar ragam hias di Kelas VIII A SMP Negeri 1 Sukolilo pada tahap perencanaan berupa pembuatan RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran) dengan tujuan pembelajaran siswa mampu berkarya gambar ragam hias pada paper tube. Materi pembelajaran adalah memanfaatkan paper tube sebagai media berkarya gambar ragam hias. Metode yang digunakan adalah ceramah, demonstrasi, dan penugasan. Tahap pelaksanaan pembelajaran dilakukan dengan penyampaian materi dan membimbing siswa dalam berkarya melalui kegiatan eksplorasi, elaborasi, dan konfirmasi. Tahap evaluasi dilakukan dengan menggunakan bentuk uji praktik, sedangkan penilaian yang diberikan ditentukan oleh hasil penggabungan dari guru dan peneliti. (2) Hasil karya dengan memanfaatkan paper tube sebagai media berkarya gambar ragam hias siswa Kelas VIII A memiliki rata-rata nilai 80,7 dengan kategori cukup. Siswa yang memiliki nilai di atas KKM sejumlah 24 siswa, sedangkan siswa yang memiliki nilai di bawah KKM sejumlah lima siswa. Saran yang direkomendasikan bagi kepala sekolah yaitu perlu memperhatikan fasilitas mata pelajaran seni rupa terutama untuk pembangunan ruang gallery art. Bagi guru, perlu memperhatikan dengan teliti dalam membuat Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), baik dalam segi penulisan maupun penyusunan.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pemanfaatan, Paper Tube, Gambar Ragam Hias |
Subjects: | N Fine Arts > N Visual arts (General) For photography, see TR N Fine Arts > NX Arts in general |
Fakultas: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Rupa (S1) |
Depositing User: | Retma IF UPT Perpus |
Date Deposited: | 26 Jun 2019 19:59 |
Last Modified: | 26 Jun 2019 19:59 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/31821 |
Actions (login required)
View Item |