PROGRAM KOIN PEDULI SAHABAT DALAM PENDIDIKAN KARAKTER PEDULI SOSIAL DI SMP NEGERI 1 UNGARAN


Chola Wati , 3301413007 (2017) PROGRAM KOIN PEDULI SAHABAT DALAM PENDIDIKAN KARAKTER PEDULI SOSIAL DI SMP NEGERI 1 UNGARAN. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 3301413007.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (290kB) | Preview

Abstract

Perilaku dan tingkah laku generasi muda saat ini semakin tidak baik menyebabkan pudarnya nilai-nilai kepedulian sosial dalam bermasyarakat, merebaknya ketidakadilan, sikap masa bodo, egoisme, acuh terhadap sesama, kurangnya kepercayaan diri, gaya hidup hedonis, materialistik, dan sifat individualis. Pudarnya kepedulian sosial dalam kehidupan masyarakat juga terlihat dari rendahnya sikap tolong-menolong dan lunturnya gotong-royong, hal tersebut semakin menjadi, karena didukung oleh kebiasaan anak yang lebih suka bermain internet dibanding berinteraksi dengan orang-orang yang ada disekitarnya. Mencermati hal tersebut, sekolah mempunyai peranan yang sangat vital dalam mengembangkan nilai-nilai karakter sejak dini, terutama nilai karakter peduli sosial. Salah satu program dalam mengembangkan karakter peduli sosial siswa adalah program Koin Peduli Sahabat. Masalah yang dikaji dalam penelitian ini adalah (1) apa latar belakang diadakannya program Koin Peduli Sahabat di SMP Negeri 1 Ungaran, (2) bagaimana pelaksanaan kegiatan pendidikan karakter peduli sosial melalui program Koin Peduli Sahabat di SMP Negeri 1 Ungaran (3) apakah faktor pendukung dan penghambat pelaksanaan pendidikan karakter peduli sosial melalui program Koin Peduli Sahabat di SMP Negeri 1 Ungaran. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif. Lokasi penelitian di SMP Negeri 1 Ungaran, yang beralamat di Jl. Diponegoro Nomor 197, Ungaran kabupaten Semarang. Subyek dalam penelitian ini adalah Kepala Sekolah, Guru pendamping program Koin Peduli Sahabat, pengurus OSIS, dan beberapa siswa SMP Negeri 1 Ungaran. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Validitas data yang digunakan adalah teknik trianggulasi data. Teknik pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa latar belakang diadakannya program Koin Peduli Sahabat berawal dari keprihatinan sekolah karena, banyaknya siswa yang mengalami kecelakaaan/musibah, pudarnya kepedulian sosial, rendahnya tolong-menolong dalam diri siswa. Pendidikan karakter peduli sosial melalui program Koin Peduli Sahabat dilaksanakan dengan strategi keteladanan guru dan pembiasaan melalui empat kegiatan secara terpadu yaitu kegiatan mingguan, kegiatan bulanan, kegiatan terprogram, dan kegiatan spontan. Faktor pendukung terdiri dari dukungan internal dan eksternal yaitu rasa kepedulian sosial dan kebijakan kepala sekolah dan guru, lembaga-lembaga kemanusian yang mempunyai kesamaan visi. Faktor penghambat dalam pelaksanaan pendidikan karakter peduli sosial melalui program Koin Peduli Sahabat di SMP Negeri 1 Ungaran terdiri dari faktor penghambat internal antara lain sikap egois anak-anak, lemahnya kesadaran terhadap kepedulian sosial, sedangkan faktor penghambat eksternal yaitu tidak adanya sosialisasi program Koin Peduli Sahabat kepada orangtua siswa. Saran yang dikemukakan penulis antara lain : (1) bagi sekolah hendaknya SMP Negeri 1 Ungaran tetap mempertahankan Pendidikan Karakter Peduli Sosial melalui program Koin Peduli Sahabat sebagai sarana mendidik karakter peduli sosial bagi anak-anak penerus bangsa sesuai dengan nilai-nilai Pancasila, (2) bagi sekolah SMP Negeri 1 hendaknya membentuk Polisi Keamanan Sekolah yang teridiri dari siswa SMP Negeri 1 Ungaran agar dapat mengurangi jumlah angka kecelakaan dan koin peduli sahabat lebih fokus untuk membantu kegiatan peduli sosial di luar sekolah. (3) bagi siswa SMP Negeri 1 Ungaran, siswa diharapkan dapat menjalankan segala kegiatan yang ada dalam program Koin Peduli Sahabat dengan penuh kesadaran dan keikhlasan, sehingga dapat menjalankan kegiatan dengan baik dan tanpa adanya rasa terpaksa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Karakter, Peduli Sosial, Program Koin Peduli Sahabat
Subjects: H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform > Character Building
H Social Sciences > HT Communities. Classes. Races > Solidarity
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, S1
Depositing User: Users 7 not found.
Date Deposited: 06 Dec 2018 16:42
Last Modified: 04 Apr 2019 17:43
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/31804

Actions (login required)

View Item View Item