IMPLEMENTASI NILAI RELIGIUS DALAM KEGIATAN PEMBELAJARAN PPKN DAN EKSTRAKURIKULER DI SMA NASIMA KOTA SEMARANG


SUSI SUPRIHATIN , 3301413006 (2017) IMPLEMENTASI NILAI RELIGIUS DALAM KEGIATAN PEMBELAJARAN PPKN DAN EKSTRAKURIKULER DI SMA NASIMA KOTA SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 3301413006.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (284kB) | Preview

Abstract

Nilai religius merupakan salah satu nilai pada karakter yang menekankan pada karakter seseorang yang berhubungan dengan Tuhan. Karakter religius merupakan karakter yang sangat penting karena dapat mempengaruhi karakter lain. Nilai religius dapat diimplementasikan melalui cara, metode dan kegiatan, termasuk dalam kegiatan pembelajaran PPKN dan Ekstrakurikuler yang ada di sekolahan menjadi wadah bagi implementasi nilai religius. Masalah yang diteliti dalam penelitian ini yaitu implementasi nilai religius dalam kegiatan pembelajaran PPKN dan Ekstrakurikuler di SMA Nasima Kota Semarang dengan teori habitus arena yang dikemukakan oleh Piere Bourdieu, bahwa setiap perilaku dapat dibiasakan secara terstruktur dan kontinu. Tujuan penelitian ini yaitu menjelaskan implementasi nilai religius dalam kegiatan pembelajaran PPKN dan Ekstrakurikuler di SMA Nasima Kota Semarang dengan teori habitus arena. Informan yang diwawancarai pada penelitian ini merupakan guru mata pelajaran PPKN, Pembina Ekstrakurikuler dan siswa yang mengikuti pembelajaran PPKN serta kegiatan Ekstrakurikuler. Variabel yang dikaji dalam penelitian ini yaitu implementasi nilai religius, kegiatan pembelajaran PPKN dan Ekstrakurikuler. Pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan metode kualitatif. Hasil dalam penelitian ini disimpulkan Implementasi nilai religius dalam kegiatan pembelajaran PPKN di SMA Nasima yaitu proses persiapan pembelajaran yang dilakukan oleh guru PPKN ialah dengan menyusun perangkat pembelajaran yang memuat nilai religius serta surah-surah Alquran terkait dengan materi yang akan disampaikan. Kebiasaan-kebiasaan religius diantaranya 1) mengucapkan salam saat memasuki ruangan, berdoa sebelum memulai kegiatan, disiplin dan tertib dalam mengikuti pembelajaran dan membaca doa-doa penutup saat pembelajaran selesai. 2) Implementasi nilai religius dalam kegiatan ekstrakurikuler aktivitas lain terkait dengan implementasi nilai religius yaitu salat ashar terlebih dahulu sebelum mengikuti kegiatan ekstrakurikuler dan membaca doa baik sebelum atau sesudah kegiatan ekstrakurikuler. 3) Hambatan dalam pelaksanaan nilai religius dalam kegiatan pembelajaran PPKN dan kegiatan ekstrakurikuler yaitu kurangnya waktu tatap muka, tingkat pemahaman siswa, lingkungan dan juga pengawasan dari sekolah. Berdasarkan penelitian yang telah dilaksanakan, implementasi nilai religius pada kegiatan pembelajaran PPKN dan ekstrakurikuler sudah baik, saran dalam implementasi nilai religius mempertahankan cara-cara yang selama ini telah dilakukan dalam menanamkan nilai-nilai religius pada siswa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Nilai Religius, Pembelajaran PPKN dan Ekstrakurikuler
Subjects: L Education > Special Education > Civic Education
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, S1
Depositing User: Users 7 not found.
Date Deposited: 06 Dec 2018 16:25
Last Modified: 06 Dec 2018 16:25
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/31803

Actions (login required)

View Item View Item