PENGEMBANGAN SOCIAL SKILL SISWA SMP NEGERI 3 KOTA SEMARANG MELALUI KEGIATAN KEPRAMUKAAN
NIA ERVIANA HARTANTI, 3301413002 (2017) PENGEMBANGAN SOCIAL SKILL SISWA SMP NEGERI 3 KOTA SEMARANG MELALUI KEGIATAN KEPRAMUKAAN. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF
- Published Version
Download (489kB) | Preview |
Abstract
Keterampilan sosial atau social skill merupakan keterampilan yang seharusnya ada dalam diri siswa karena sangat berguna dalam hidup dan kehidupan sosial setiap individunya. Social skill dapat dikembangkan melalui beberapa cara, metode, dan kegiatan, termasuk kegiatan kepramukaan yang merupakan ekstrakurikuler wajib di setiap sekolah yang dapat dijadikan sebagai wadah pengembangan social skill. Masalah yang diteliti dalam penelitian ini yaitu pengembangan social skill siswa SMP Negeri 3 Kota Semarang melalui kegiatan kepramukaan beserta kekuatan dan kelemahannya dengan teori habitus arena yang dikemukakan oleh Pierre Bourdieu, bahwa setiap perilaku dapat dibiasakan secara terstruktur dan kontinu. Tujuan penelitian ini yaitu untuk menjelaskan pengembangan social skill siswa SMP Negeri 3 Kota Semarang melalui kegiatan kepramukaan beserta kekuatan dan kelemahannya dengan teori habitus arena. Informan yang diwawancarai pada penelitian ini merupakan anggota pramuka penegak batara anggara kelas VII, tim inti penegak batara anggara kelas VIII dan kelas IX, pembina pramuka, kepala SMP Negeri 3 Kota Semarang, wakil kepala sekolah bidang kurikulum, dan wakil kepala sekolah bidang kesiswaan yang merupakan informan yang dapat memberikan informasi sesuai bidangnya. Variabel yang dikaji dalam penelitian ini yaitu social skill, siswa, dan kegiatan kepramukaan. Pengumpulan data dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis metode kualitatif. Hasil dalam penelitian ini dapat disimpulkan bahwa (1) pengembangan social skill siswa SMP Negeri Kota Semarang melalui kegiatan kepramukaan telah dilaksanakan dan dibiasakan dalam setiap kegiatan dan ditunjukkan dengan kepekaan, kepemimpinan, keingintahuan, penerimaan teman sebaya, keterampilan berkomunikasi, dan (2) kekuatan pengembangan social skill siswa SMP Negeri 3 Kota Semarang melalui kegiatan kepramukaan mendapat dukungan dari pemerintah dan sekolah, serta kemampuan anggota pramuka, tim inti, dan pembina yang telah mumpuni, sedangkan kelemahannya terletak dari dalam diri masing-masing anggota pramuka yaitu minat dan kesadaran anggota pramuka masih rendah, dan kemampuan untuk melakukan inovasi-inovasi dalam kegiatan kepramukaan masih lemah. Saran untuk guru hendaknya memberikan perhatian yang lebih dengan meningkatkan kualitas pembina, pemateri, dan kakak kelas sehingga dapat mengembangkan kegiatan kepramukaan yang digunakan sebagai wadah pengembangan social skill itu sendiri. Saran untuk siswa hendaknya mampu menyadari dan mau mengembangkan social skill yang ada dalam dirinya yang pada dasarnya berguna untuk kehidupannya hari ini bahkan nanti, sehingga dapat menyesuaikan diri dan diterima di masyarakat di manapun mereka berada.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kegiatan Kepramukaan, Siswa, dan Social Skill |
Subjects: | L Education > Special Education > Skills Educations |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, S1 |
Depositing User: | Users 7 not found. |
Date Deposited: | 06 Dec 2018 15:38 |
Last Modified: | 04 Apr 2019 18:44 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/31801 |
Actions (login required)
View Item |