PERAN BINTARA PEMBINA DESA (BABINSA) DALAM PEMBINAAN TERITORIAL DAN PENANAMAN NILAI BELA NEGARA DI DESA BABADAN KECAMATAN KALIORI KABUPATEN REMBANG


Teguh Adi Nugroho , 3301412093 (2017) PERAN BINTARA PEMBINA DESA (BABINSA) DALAM PEMBINAAN TERITORIAL DAN PENANAMAN NILAI BELA NEGARA DI DESA BABADAN KECAMATAN KALIORI KABUPATEN REMBANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 3301412093.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (633kB) | Preview

Abstract

Tentara Nasioal Indonesia Angkatan Darat sebagai pilar pertahanan di darat dengan Komando Teritorialnya memiliki tugas melaksanakan pemberdayaan wilayah pertahanan di darat melalui Pembinaan Teritorial. Desa Babadan merupakan bagian teritorial dari Koramil 02/Kaliori Kodim 0720/Rembang. Pembinaan Teritorial di desa Babadan dilakukan oleh seorang Babinsa sebagai unsur pelaksana yang ditugaskan oleh Koramil 02/Kaliori. Dengan adanya isu penghapusan Komando Teritorial dan adanya masalah-masalah teritorial di desa Babadan, penelitian ini bertujuan untuk mendalami peran Babinsa dalam pembinaan teritorial dan penanaman nilai bela negara di desa Babadan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian Kualitatif. Objek penelitian yaitu Babinsa desa Babadan. Fokus penelitian yaitu peran Babinsa dalam pembinaan teritorial dan penanaman nilai bela negara di desa Babadan. Teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Sumber data yang digunakan adalah sumber data primer dan sumber data sekunder. Teknik keabsahan data menggunakan teknik triangulasi. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis dari Miles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran Babinsa dalam pelaksanaan pembinaan teritorial dan penanaman nilai bela negara di desa Babadan sudah berjalan dengan baik. Kegiatan-kegiatan yang dilaksanakan dalam pembinaan teritorial dan penanaman nilai bela negara meliputi kegiatan Asistensi Pokdar Kamtibmas, Pembentukan dan Pengembangan Desa Siaga Bencana dan Pembinaan Kelompok Tani. Kegiatan-kegiatan tersebut termasuk dalam pembinaan teritorial dengan metode Pembinaan Ketahanan Wilayah dan Komunikasi Sosial. Adanya kerja sama antara Babinsa dengan pihak-pihak terkait dirasa sangat membantu Babinsa dalam pelaksanaan Pembinaan Teritorial dan Penanaman nilai Bela Negara di desa Babadan. Hambatan yang dihadapi Babinsa adalah kurang tersedianya tenaga ratih di desa Babadan dan rendahnya kesadaran dan kepedulian masyarakat terhadap kerawanan yang timbul. Relevansi penelitian ini dengan Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan adalah pendidikan bela negara, pertahanan negara dan ketahanan nasional yang terdapat dalam kegiatan-kegiatan pembinaan teritorial dan penanaman nilai bela negara oleh Babinsa di desa Babadan. Saran, Babinsa diharapkan lebih dapat berinovasi dalam menyelenggarakan kegiatan-kegiatan terkait pembinaan teritorial dan penanaman nilai bela negara. Sehingga pelaksanaan pembinaan teritorial dan penanaman nilai bela negara dapat berjalan lebih optimal.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Peran, Babinsa, Pembinaan Teritorial, Bela Negara
Subjects: H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform > Character Building
L Education > Special Education > Civic Education
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, S1
Depositing User: Users 7 not found.
Date Deposited: 05 Dec 2018 17:21
Last Modified: 05 Apr 2019 14:25
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/31783

Actions (login required)

View Item View Item