PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN BAHASA ARAB BERBASIS KEARIFAN LOKAL WONOSOBO UNTUK KELAS XI MA


Rizka Irma Saputri, 2303412050 (2017) PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN BAHASA ARAB BERBASIS KEARIFAN LOKAL WONOSOBO UNTUK KELAS XI MA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN BAHASA ARAB BERBASIS KEARIFAN LOKAL WONOSOBO UNTUK KELAS XI MA]
Preview
PDF (PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN BAHASA ARAB BERBASIS KEARIFAN LOKAL WONOSOBO UNTUK KELAS XI MA) - Published Version
Download (393kB) | Preview

Abstract

Kurangnya sumber belajar dalam mempelajari bahasa Arab menyebabkan para siswa merasa kesulitan dalam belajar bahasa Arab. Materi yang dianggap kurang menarik juga menyebabkan kurangnya minat belajar siswa. Oleh karena itu, peneliti mengembangkan modul pembelajaran bahasa Arab berbasis kearifan lokal untuk kelas XI MA Tujuan penelitian ini yaitu (1) mendeskripsikan kebutuhan siswa dan guru terhadap modul bahasa Arab berbasis kearifan lokal untuk kelas XI MA di Wonosobo; (2) mendeskripsikan prototype modul bahasa Arab berbasis kearifan lokal untuk kelas XI MA di Wonosobo; (3) mendeskripsikan penilaian ahli praktisi dan ahli materi terhadap modul bahasa Arab berbasis kearifan lokal untuk kelas XI MA di Wonosobo; Mendeskripsikan efektifitas modul bahasa Arab berbasis kearifan lokal untuk kelas XI MA di Wonosobo. Penelitian ini menggunakan desain research and development (R&D). Data penelitian diperoleh dengan teknik tes dan nontes. Alat pengambilan data tes berupa soal tes untuk siswa berdasarkan materi yang telah diberikan. Alat data nontes yang digunakan berupa wawancara, angket kebutuhan guru dan siswa, angket tanggapan siswa, angket uji validasi ahli, angket observasi oleh siswa, dan dokumentasi foto. Hasil penelitian ini adalah guru dan siswa menghendaki adanya pengembangan modul pembelajaran bahasa Arab berbasis kearifan lokal untuk kelas XI MA. Hasil uji hipotesis diterima, dengan rincian hasil uji hipotesis pihak kanan yang dihasilkan dari nilai siswa mengerjakan soal tes untuk keterampilan membaca menunjukkan t hitung 5,058, uji hipotesis mengerjakan soal tes untuk keterampilan menulis menunjukkan t hitung 38,558 dan hasil penilaian siswa melalui observasi menunjukkan t hitung 30,33. Semua jatuh di daerah penerimaan Ha, dan Ho ditolak. Hasil analisis SWOT juga menunjukkan bahwa kelebihan yang dimiliki produk baru lebih banyak dibandingkan dengan produk lama, dan kelemahan produk baru lebih sedikit dari produk lama. Sehingga produk baru lebih efektif dari produk lama.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Modul Pembelajaran, Kearifan Lokal, Keterampilan Membaca dan Menulis Bahasa Arab.
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
L Education > L Education (General)
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 26 Jun 2019 19:50
Last Modified: 26 Jun 2019 19:50
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/31762

Actions (login required)

View Item View Item