KESIAPAN GURU GEOGRAFI DALAM MENGIMPLEMENTASIKAN KURIKULUM 2013 DI SMA NEGERI SEKOTA TEGAL TAHUN AJARAN 2015/2016
Yuvita Priliani Harahap , 3201411174 (2016) KESIAPAN GURU GEOGRAFI DALAM MENGIMPLEMENTASIKAN KURIKULUM 2013 DI SMA NEGERI SEKOTA TEGAL TAHUN AJARAN 2015/2016. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF
- Published Version
Download (278kB) | Preview |
Abstract
Kurikulum 2013 mempunyai ciri khas yang berbeda dengan kurikulum sebelumnya yaitu pembelajaran kurikulum 2013 menggunakan pendekatan scientific dan penilaian otentik. Berdasarkan observasi di SMAN di Kota Tegal ditemukan bahwa seluruh SMAN di Kota Tegal sudah menggunakan kurikulum 2013 sejak pertama kali kurikulum 2013 dikeluarkan. Meskipun begitu pada kenyataannya masih banyak guru geografi yang belum benar-benar memahami dan mengimplementasikan kurikulum 2013 dengan baik. Untuk menciptakan pembelajaran yang sesuai dengan kurikulum 2013 guru harus mendalami kurikulum dan mengembangkannya sesuai dengan ketentuan yang dikeluarkan oleh Permendikbud tentang kurikulum 2013. Penelitian ini bertujuan : (1) mengetahui kesiapan guru geografi dalam membuat rencana pelaksanaan; (2) mengetahui kesiapan guru geografi dalam proses pelaksanaan pembelajaran; (3) mengetahui kesiapan guru geografi dalam menentukan teknik evaluasi/penilaian hasil belajar; (4) mengetahui faktor yang menghambat guru dalam mengimplementasikan kurikulum 2013. Popuasi penelitian adalah guru geografi SMAN di Kota Tegal. Penentuan sampel dengan teknik Total Sampling merupakan teknik penentuan sampel bila semua anggota populasi digunakan sebagai sampel yaitu 10 guru dari 5 SMAN di Kota Tegal. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Variabel penelitian: (1) Perencanaan Pembelajaran (RPP); (2) Pelaksanaan Pembelajaran; (3) Teknik Evaluasi/Penilaian. Metode pengumpulan data menggunakan observasi, dokumentasi dan wawancara. Teknik analisis data menggunakan Deskripif Persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kesiapan guru geografi dalam membuat RPP sesuai dengan kurikulum 2013 dengan persentase 81,7% sesuai dengan kurikulum 2013 yang termasuk dalam kategori sangat siap. Kesiapan guru geografi dalam kegiatan pelaksanaan pembelajaran dengan persentase 74,43%, hal ini menunjukkan guru siap mengimplementasikan kurikulum 2013. Kesiapan guru dalam teknik evaluasi/penilaian sesuai dengan kurikulum 2013 dengan persetase 66,59% yang termasuk kategori siap. Simpulan penelitian ini adalah kesiapan guru geografi dalam membuat RPP dapat dikatakan Sangat Siap, dalam kegiatan pelaksanaan pembelajaran dan kegiatan menentukan teknik evaluasi/penilaian dapat dikatakan Siap. Sedangkan kenyataan yang peneliti temui dilapangan tidak semua guru siap dalam mengimplementasikan kurikulum dikarenakan beberapa guru tidak menyusun RPP sendiri melainkan menggunakan RPP teman seprofesi, tidak semua guru melaksanakan proses pelaksanaan pembelajaran sesuai dengan RPP, dan banyak guru yang tidak membuat kunci jawaban dari soal yang telah dibuat. Saran yang dapat disimpulkan adalah agar guru geografi dibekali dengan pelatihan teknik penyusunan RPP, pelatihan pelaksanaam pembelajaran dan pelatihan tentang penilaian/evaluasi siswa.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kesiapan Guru Geografi, Implementasi Kurikulum 2013 |
Subjects: | L Education > L Education (General) > Performance of Teachers L Education > Special Education > Geography Education |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Geografi, S1 |
Depositing User: | Users 7 not found. |
Date Deposited: | 22 Nov 2018 18:08 |
Last Modified: | 22 Nov 2018 18:08 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/31721 |
Actions (login required)
View Item |