PEMBELAJARAN BERBASIS MULTIMEDIA (WEB DINAMIS) MATA PELAJARAN IPS SMP KELAS VII SEMESTER 1 SEBAGAI SUPLEMEN BAHAN AJAR
RIFQI EL FARABI, 3201410073 (2017) PEMBELAJARAN BERBASIS MULTIMEDIA (WEB DINAMIS) MATA PELAJARAN IPS SMP KELAS VII SEMESTER 1 SEBAGAI SUPLEMEN BAHAN AJAR. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF
- Published Version
Download (280kB) | Preview |
Abstract
Pembelajaran adalah seperangkat peristiwa yang mempengaruhi peserta didik sedemikian rupa sehingga peserta didik itu memperoleh kemudahan dalam berinteraksi berikutnya dengan lingkungan. Proses pembelajaran bertujuan untuk membantu siswa dalam memperoleh berbagai pengalaman dan dari pengalaman tersebut kualitas tingkah laku siswa akan meningkat. Media adalah komponen komunikasi yang befungsi sebagai perantara atau membawa pesan dari pengirim ke penerima sehingga dapat merangsang fikiran, perasaan, perhatian, dan minat serta perhatian peserta didik yang sedemikian rupa sehingga proses belajar terjadi. Media yang digunakan untuk menyampaikan pesan pembelajaran disebut media pembelajaran. Contoh media pembelajaran antara lain gambar, bagan, software, film, video, komputer dan sebagainya). Sedangkan multimedia adalah dapat digunakan diberbagai media. Web dinamis dipilih sebagai pembelajaran mulltimedia. Pembelajaran berbasis multimedia (web dinamis) dipilih peniliti dengan harapan waktu dan materi yang di sampaikan akan di terima dengan baik dan efektif. Subjek dari penelitian ini adalah 3 pengajar (guru) mata pelajaran IPS pada SMP Negeri 3 Patebon Kabupaten Kendal. Sampel yang diambil berdasarkan purposive sampling. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi dan kuesioner(angket), sedangkan metode analisis data yang digunakan adalah deskriptif dengan pendekatan kuanitatif. Media pembelajaran berbasis web dinamis diujikan kepada satu dosen validator materi yaitu Bapak Drs. Saptono Putro, M.Si dengan skor 86,00%. hasil Dosen validator media yaitu Bapak Sriyanto, S.Pd., M.Pd memberikan skor sebesar 81,25% dan hasil angket guru yang diisi oleh responden kemudian diratarata memperoleh hasil sebesar 93,98%. Menurut responden dan validator media tampilan dari web termasuk kategori baik dan kualitas teknis untuk pengaplikatifan web termasuk dalam kategori baik karena mudah digunakan. Hasil diatas dan merujuk kepada hipotesis yang telah dibuat maka dapat digunakan untuk mendukung proses pembelajaran. Media pembelajaran berbasis web ini dapat digunakan sebagai suplemen bahan ajar khususnya untuk guru di jenjang SMP kelas IV semester 1 guna efektifitas waktu dalam penyampaian materi.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pembelajaran berbasis multimedia, Suplemen |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > Learning Model L Education > Special Education > Geography Education |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Geografi, S1 |
Depositing User: | Users 7 not found. |
Date Deposited: | 22 Nov 2018 17:57 |
Last Modified: | 04 Apr 2019 18:46 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/31716 |
Actions (login required)
View Item |