EFEKTIVITAS MEDIA PEMBELAJARAN APLIKASI MACROMEDIA FLASH 8 UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENYIMAK BAHASA ARAB SISWA KELAS VIII MTs FATAHILLAH NGALIYAN SEMARANG


Maslahatul Chiyaroh , 2303412009 (2017) EFEKTIVITAS MEDIA PEMBELAJARAN APLIKASI MACROMEDIA FLASH 8 UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENYIMAK BAHASA ARAB SISWA KELAS VIII MTs FATAHILLAH NGALIYAN SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of EFEKTIVITAS MEDIA PEMBELAJARAN APLIKASI MACROMEDIA FLASH 8 UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENYIMAK BAHASA ARAB SISWA KELAS VIII MTs FATAHILLAH NGALIYANSEMARANG]
Preview
PDF (EFEKTIVITAS MEDIA PEMBELAJARAN APLIKASI MACROMEDIA FLASH 8 UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENYIMAK BAHASA ARAB SISWA KELAS VIII MTs FATAHILLAH NGALIYANSEMARANG)
Download (315kB) | Preview

Abstract

Menyimak merupakan salah satu keterampilan berbahasa yang harus dikuasi siswa dalam pembelajaran bahasa Arab. Namun, banyak siswa yang beranggapan bahwa keterampilan menyimak merupakan keterampilan berbahasa yang sulit. Kemampuan menyimak bahasa Arab siswa kelas VIII MTs Fatahillah Ngaliyan Semarang tergolong masih rendah. Antusiasme dan keaktifan siswa terhadap pembelajaran bahasa Arab masih kurang, hal ini terlihat saat kegiatan belajar mengajar siswa berkegiatan sendiri dan kurang memperhatikan materi yang diajarkan. Selain itu, media pembelajaran yang kurang bervariasi juga menjadi salah satu penyebab kurangnya kemampuan menyimak siswa kelas VIII MTs Fatahillah Ngaliyan Semarang. Untuk itu perlu adanya alternatif media pembelajaran yang digunakan agar kemampuan menyimak siswa semakin bertambah. Masalah yang dikaji dalam penelitian ini adalah bagaimana penerapan media pembelajaran aplikasi macromedia flash 8 dan efektivitas penggunaan media pembelajaran aplikasi macromedia flash 8 untuk meningkatkan keterampilan menyimak bahasa Arab siswa kelas VIII MTs Fatahillah Ngaliyan Semarang. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan media pembelajaran aplikasi macromedia flash 8 dan efektivitas penggunaan media pembelajaran aplikasi macromedia flash 8 untuk meningkatkan keterampilan menyimak bahasa Arab siswa kelas VIII MTs Fatahillah Ngaliyan Semarang. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan desain kuasi eksperimen pola nonequivalent control group design. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan non tes. Instrumen tes yang digunakan berupa tes tertulis. Instrumen non tes berupa angket .Teknik analisis data yang digunakan adalah uji hipotesis secara statistika. Berdasarkan data penelitian yang dihimpun, sebanyak 64% dari siswa mengaku penerapan media pembelajaran aplikasi macromedia flash 8 efektif meningkatkan keterampilan menyimak bahasa Arab dan 52% siswa mengaku senang dengan media tersebut. Dari data tes dapat diketahui peningkatan nilai rata-rata kelas eksperimen dan kelas kontrol dengan jumlah 25 siswa setiap kelasnya. Peningkatan nilai pretest-posttest kelas eksperimen yaitu sebesar 0,53 % dengan nilai rata-rata pretest sebesar 63,44 dan nilai rata-rata posttest sebesar 82,88. Sedangkan pada kelas kontrol nilai rata-rata pretest sebesar 62,80 dan nilai rata-rata posttest sebesar 73,44. Sehingga terlihat jelas pula bahwa dari nilai pretest-posttest meningkat 0,28%.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Keterampilan menyimak, Macromedia Flash 8
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
L Education > L Education (General)
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 26 Jun 2019 19:44
Last Modified: 26 Jun 2019 19:44
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/31708

Actions (login required)

View Item View Item