PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE INTERGATED READING AND COMPOSITION (CIRC) DENGAN MEDIA TIME LINE TERHADAP HASIL BELAJAR SEJARAH PADA KELAS XI DI SMA NEGERI 9 SEMARANG TAHUN PELAJARAN 2016/2017
Hurip Asri Mardino P , 3101412033 (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE INTERGATED READING AND COMPOSITION (CIRC) DENGAN MEDIA TIME LINE TERHADAP HASIL BELAJAR SEJARAH PADA KELAS XI DI SMA NEGERI 9 SEMARANG TAHUN PELAJARAN 2016/2017. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF
- Published Version
Download (309kB) | Preview |
Abstract
Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui Pengaruh Model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) dengan media Time Line terhadap hasil belajar sejarah pada kelas XI SMA Negeri 9 Semarang tahun pelajaran 2016/2017. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif, jenis eksperimen dengan desain quasi eksperimental design.Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA 5 dan XI IPA 7 SMA Negeri 9 Semarang.Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah kelas XI IPA 5 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPA 7 sebagai kelas kontrol. Analisis data terbagi menjadi dua tahap yaitu analisis instrument yang meliputi uji validitas dan uji reliabilitas angket uji coba, sedangkan analisis data penelitian meliputi uji normalitas, uji homogenitas, uji perbedaan dua rata-rata dan uji regresi. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh hasil belajar siswa kelas eksperimen meningkat secara signifikan yaitu dari 61,63 atau dalam kriteria sedang menjadi 79,51 atau dalam kriteria baik. Sedangkan pada kelas kontrol peningkatan minat belajarnya hanya 59,5 menjadi 77,64 atau masih sama dalam kriteria sedang. Pada uji koefisien korelasi diperoleh hasil r hitung sebesar 0,612 kemudian dibandingkan dengan r tabel dengan n = 35 dan taraf signifikan 5% maka diperoleh 0,361. Karena rhitunglebih besar dari pada rtabel (0,612>0,361) maka Ho ditolak dan Ha diterima yang berarti ada pengaruh yang signifikan pada model Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) dengan media Time Line terhadap hasil belajar sejarah siswa. Pada analisis regresi diperoleh persamaan regresi yaitu Ŷ=75,933+0,059(X). Sedangkan untuk hasil uji koefisien determinasi diperoleh hasil r2sebesar 0,3745 dan bila dipresentasekan menjadi 37,45%. Dari hasil tersebut artinya model Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) dengan media Time Line berpengaruh sebesar 37,45% terhadap hasil belajar sejarah siswa, dan sisanya yaitu 62,55% dipengaruhi oleh faktor lain. Jadi model Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) dengan media Time Line berpengaruh terhadap hasil belajar sejarah, sehingga siswa bisa lebih antusias. === The purpose of this research is to determine the effect of Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) learning model with Time Line media to the history learning result in XI grade ofSHS 9 Semarang academic year of 2016/2017. This research use experimental quantitative with quasi experimental design. The population in this study were students class of XI and XI IPA 5 7 of SHS 9 Semarang. The sample used in this study is a XI IPA 5 class as an experimental class and XI IPA 7 as the control class. The data analysis is divided into two stages: analysis instrument that includes the validity and reliability test of questionnaire trials, while the analysis of research data including normality test, homogeneity test, and the difference between two average and regression test. Based on the research, learning results of experiments class students increased significantly from 61.63 or the medium criteria becoming 79.51 or the good criteria. While in the control class, the increased of their study interest is only 59.5 to 77.64 or still the same in the medium criteria. The correlation coefficient test obtained result in the amount of 0.612 then compared with r table with n = 35 and a significant level of 5% then obtained 0.361.Because r arithmetic is bigger than r table (0,612> 0,361) hence Ho refused and Ha accepted So the conclusion was no significant effect on the model of Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) with Time Line media to the learning results of students in history studies. In regression analysis, the regression equation is Y = 75.933 + 0.059 (X). While the determination coefficient test obtained r2 results in the amount of 0.3745 and if converted into percent will be 37.45%. These results means that the Cooperative Integrated Reading and Composition(CIRC) learning model with Time Line mediainfluenced in the amount of37.45% of the students learning results of history studies, and the remaining 62.55% influenced by other factors. So the model of Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) with Time Line media affect the learningresults of history studies, so the expectation is that theso that students can be more enthusiastic.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pengaruh,Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC),Time Line, Hasil Belajar, Effect,Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC),Time Line, Learning Results |
Subjects: | L Education > L Education (General) > Instructional Media L Education > LB Theory and practice of education > Learning Model L Education > Special Education > History Education |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah, S1 |
Depositing User: | Users 7 not found. |
Date Deposited: | 21 Nov 2018 15:39 |
Last Modified: | 04 Apr 2019 17:49 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/31680 |
Actions (login required)
View Item |