KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING DENGAN MEDIA KARTU TATIGA (TEKA-TEKI BERGAMBAR) TERHADAP MOTIVASI BELAJAR DAN KEMANDIRIAN SISWA PADA MATERI JARINGAN HEWAN


Mona Ainun Sholikhah , 4001413006 (2015) KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING DENGAN MEDIA KARTU TATIGA (TEKA-TEKI BERGAMBAR) TERHADAP MOTIVASI BELAJAR DAN KEMANDIRIAN SISWA PADA MATERI JARINGAN HEWAN. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 4001413006.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (924kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan model problem solving dengan media Kartu Tatiga untuk meningkatkan motivasi belajar dan kemandirian siswa materi jaringan hewan. Metode dalam penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan desain Nonequivalent Control Group Design. Pengambilan sampel dilakukan dengan cluster random sampling, dari populasi siswa kelas VII SMP N 10 Magelang tahun 2017, diperoleh kelas VII D sebagai kelas eksperimen dan kelas VII E sebagai kelas kontrol. Data dikumpulkan dengan menggunakan metode dokumentasi, lembar observasi, angket dan tes. Data penelitian ini didapatkan dari skor motivasi belajar dengan lima indikator dan skor kemandirian siswa berdasakan lima indikator yang diperoleh melalui tiga kali observasi, serta dari nilai pretest dan posttest hasil belajar kognitif siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan skor motivasi belajar dan kemandirian siswa pada setiap pertemuan serta dilihat dari rata-rata skor motivasi belajar dan kemandirian siswa kelas eksperimen tiap aspek yang masuk dalam kategori sangat baik. Hasil analisis uji perbedaan dua rata-rata terhadap nilai motivasi memperlihatkan P hitung = 12,35 yang berarti ada perbedaan rata-rata secara signifikan. Hasil analisis uji perbedaan dua rata-rata terhadap nilai kemandirian memperlihatkan P hitung = 12,43 yang berarti ada perbedaan rata-rata secara signifikan. Hasil analisis juga menunjukkan besarnya peningkatan atau uji gain hasil belajar siswa yang didapatkan berdasarkan pretest dan posttest diperoleh nilai uji gain kelas eksperimen = 0,48 yang masuk dalam kategori sedang dan pada kelas kontrol memperoleh nilai uji gain kelas kontrol = 0,28 yang masuk dalam kategori rendah. Hasil analisis uji t terhadap hasil belajar siswa memperlihatkan t hitung = 4,13 yang berarti bahwa ada perbedaan yang signifikan. Disimpulkan bahwa model problem solving dengan media Kartu Tatiga efektif untuk meningkatkan motivasi belajar, kemandirian siswa dan hasil belajar siswa. The aims of this research are to determine the effectiveness of model problem solving with Media Card Tatiga to improve learning motivation and independence of animal tissue material students. The method in this research is an experimental research with Nonequivalent Control Group Design design. Sampling was done by cluster random sampling, from population of grade VII student of SMP N 10 Magelang 2017, obtained class VII D as experiment class and class VII E as control class. Data were collected using documentation method, observation sheet, questionnaire and test. The data of this study were obtained from the score of learning motivation with five indicators and student self-reliance score based on five indicators obtained through three observations, as well as from the pretest and posttest score of students' cognitive learning outcomes. The results showed that there was an increase in motivation score and student independence at each meeting and seen from the average score of learning motivation and independence of the experimental class students each aspect that fall into the category very well. The result of analysis of difference test of two mean to the value of motivation shows P arithmetic = 12,35 which mean there is significant difference of mean. The result of test analysis of difference of two average to the value of independence shows P = 12,43 which means there is significant difference significantly. The result of analysis also shows the increase or gain test of student learning result obtained based on pretest and posttest obtained experimental gain test class value = 0.48 which is in medium category and in control class get value of gain control class test = 0,28 that enter in Low category. The result of t test analysis on student learning result shows t count = 4.13 which means that there is significant difference. Concluded that model problem solving with media Tatiga Card effective to increase motivation learn, student independence and result learn student.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kartu Tatiga, Kemandirian Siswa, Motivasi Belajar, Problem Solving, Motivation Learning, Problem Solving, Student Independence, Tatiga Card
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > Learning Model
Q Science > Q Science (General)
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam, S1
Depositing User: Users 37061 not found.
Date Deposited: 14 Nov 2018 18:56
Last Modified: 14 Nov 2018 18:56
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/31669

Actions (login required)

View Item View Item