PENGARUH PENERAPAN SIKAP KERJA 5S TERHADAP HASIL BELAJAR PRAKTIK SISWA PADA MATA PELAJARAN PERAWATAN SASIS DAN PEMINDAH TENAGA (PSPT) KELAS XI TEKNIK KENDARAAN RINGAN SMK NEGERI 2 SALATIGA
Hutomo Akbar Nugroho, 5201411094 (2017) PENGARUH PENERAPAN SIKAP KERJA 5S TERHADAP HASIL BELAJAR PRAKTIK SISWA PADA MATA PELAJARAN PERAWATAN SASIS DAN PEMINDAH TENAGA (PSPT) KELAS XI TEKNIK KENDARAAN RINGAN SMK NEGERI 2 SALATIGA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF (PENGARUH PENERAPAN SIKAP KERJA 5S TERHADAP HASIL BELAJAR PRAKTIK SISWA PADA MATA PELAJARAN PERAWATAN SASIS DAN PEMINDAH TENAGA (PSPT) KELAS XI TEKNIK KENDARAAN RINGAN SMK NEGERI 2 SALATIGA)
Download (356kB) | Preview |
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh sikap kerja 5S terhadap hasil belajar praktik pada mata pelajaran Perawatan Sasis dan Pemindah Tenaga (PSPT) kelas XI Teknik Kendaraan Ringan SMK Negeri 2 Salatiga, (2) Untuk mengetahui seberapa besar pengaruh Sikap Kerja 5S terhadap hasil belajar praktik pada mata pelajaran Perawatan Sasis dan Pemindah Tenaga (PSPT) kelas XI Teknik Kendaraan Ringan SMK Negeri 2 Salatiga. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kuantitatif deskriptif. Metode ini sebagai metode ilmiah/scientific karena telah memenuhi kaidah-kaidah ilmiah yaitu konkrit/empiris, obyektif, terukur, rasional dan sistematis. Adapun teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu analisis deskriptif dan analisisi regresi liner sederhana. Analisis deskriptif menggunakan analisis uji normalitas dan linieritas. Data dikatakan berdistribusi normal jika hasil analisis memiliki taraf signifikansi lebih besar dari 0,05. Dan data dikatakan berbentuk linier jika nilai sig deviation from linearity lebih besar dari taraf signikansi sebesar 0,05 (Masrukhin, 2014). Hasil analisis deskriptif menunjukkan bahwa data dalam penelitian ini berdistribusi normal dan linier. Uji normalitas dibuktikan dengan besarnya nilai Kolmogorov Smirnov variabel penerapan sikap 5S memiliki nilai signifikansi sebesar 0,141 yang artinya lebih besar dari 0,05, maka Ho diterima karena data berdistribusi normal. Dan Hasil Kolmogorov Smirnov variabel hasil belajar siswa memiliki nilai signifikansi sebesar 0,191 yang artinya lebih besar dari 0,05, maka Ho diterima karena data berdistribusi normal. nilai sig. lienarity yaitu sebesar 0,003 Adapun nilai sig. deviation from linearity sebesar 0,059 atau > 0,05, sehingga dapat disimpulkan bahwa model regresi ini berbentuk linear. Terdapat pengaruh dari sikap kerja 5S terhadap hasil belajar praktik siswa pada mata pelajaran Perawatan Sasis dan Pemindah Tenaga kelas XI Teknik Kendaraan Ringan SMK Negeri 2 Salatiga. Nilai kontribusi sikap kerja 5S sebesar 9,9% terhadap hasil belajar praktik siswa kelas XI Teknik Kendaraan Ringan SMK Negeri 2 Salatiga. Sedangkan sisanya 100% - 9,9% = 90,1% dapat dipengaruhi oleh faktor lain.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | pengaruh, sikap kerja 5S, hasil belajar praktik |
Subjects: | T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery T Technology > TYA Teknik Sipil |
Fakultas: | Fakultas Teknik > Teknik Mesin S1 |
Depositing User: | Retma IF UPT Perpus |
Date Deposited: | 26 Jun 2019 19:42 |
Last Modified: | 26 Jun 2019 19:42 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/31613 |
Actions (login required)
View Item |