PENGARUH CAMPURAN BIOETHANOL DENGAN PREMIUM, PERTALITE, DAN PERTAMAX TERHADAP PERFORMA MESIN SEPEDA MOTOR 4 LANGKAH


Dedi Fajar Laksono , 5201411054 (2017) PENGARUH CAMPURAN BIOETHANOL DENGAN PREMIUM, PERTALITE, DAN PERTAMAX TERHADAP PERFORMA MESIN SEPEDA MOTOR 4 LANGKAH. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGARUH CAMPURAN BIOETHANOL DENGAN PREMIUM, PERTALITE, DAN PERTAMAX TERHADAP PERFORMA MESIN SEPEDA MOTOR 4 LANGKAH]
Preview
PDF (PENGARUH CAMPURAN BIOETHANOL DENGAN PREMIUM, PERTALITE, DAN PERTAMAX TERHADAP PERFORMA MESIN SEPEDA MOTOR 4 LANGKAH)
Download (344kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah meneliti pengaruh penambahan bioetanol dengan bahan bakar premium, pertalite, dan pertamax terhadap daya, torsi dan bahan bakar pada sepeda motor 4 langkah. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen. Hasil data dari penelitian yang telah diperoleh kemudian dianalisis dalam bentuk tabel dan grafik kemudian dijadikan simpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa adanya pengaruh penggunaan bioetanol terhadap daya, torsi, dan bahan bakar disetiap bahan bakar premium, pertalite, dan pertamax pada sepeda motor 4 langkah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada perbedaan daya, torsi dan konsumsi bahan bakar yang dihasilkan oleh variasi penambahan bioetanol dan tiga jenis bahan bakar. Untuk daya maksimum dihasilkan pada biopertalite 5% (Bpe 5%) sebesar 6.53 KW dan torsi maksimum dihasilkan pada biopertamax 15% (Bper 15%) sebesar 9,27 Nm. Sedangkan daya terendah dihasilkan pada biopertalite 0% (Bpe 0%) sebesar 2.37 KW dan torsi terendah dihasilkan pada biopertalite 0% (Bpe 0%) sebesar 4.54 Nm. Untuk konsumsi bahan bakar tertinggi dihasilkan pada biopertalite 5% (Bpe 5%) sebesar 1,11 kg/jam sedangkan konsumsi bahan bakar terendah dihasilkan pada biopertamax 10% (Bper 10%) sebesar 0,14 kg/jam. Kesimpulan yang didapat bahwa daya terbesar didapat pada biopertalite dengan campuran 5% (Bpe 5%) lebih tinggi dibandingkan dengan yang menggunakan bahan bakar campuran bioetanol premium dan pertamax. Untuk torsi terbesar didapat pada biopertamax dengan campuran 15% (Bper 15%) lebih tinggi dibandingkan dengan yang menggunakan bahan bakar campuran bioetanol premium dan pertalite. Sedangkan konsumsi bahan bakar terbesar didapat pada biopertalite 5% (Bpe 5%) lebih tinggi dibandingkan dengan yang menggunakan bahan bakar campuran bioetanol premium dan pertamax.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Bioetanol, Bahan Bakar, Daya dan Torsi
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
T Technology > TYA Teknik Sipil
Fakultas: Fakultas Teknik > Teknik Mesin S1
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 26 Jun 2019 19:42
Last Modified: 26 Jun 2019 19:42
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/31612

Actions (login required)

View Item View Item