PENGARUH PENGGUNAAN ROLLER CVT RACING DENGAN PEGAS CVT RACING TERHADAP DAYA DAN TORSI HONDA BEAT 110CC MENGGUNAKAN BAHAN BAKAR PERTALITE, PERTAMAX DAN PERTAMAX TURBO


Abdul Ghafur , 5201411039 (2017) PENGARUH PENGGUNAAN ROLLER CVT RACING DENGAN PEGAS CVT RACING TERHADAP DAYA DAN TORSI HONDA BEAT 110CC MENGGUNAKAN BAHAN BAKAR PERTALITE, PERTAMAX DAN PERTAMAX TURBO. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGARUH PENGGUNAAN ROLLER CVT RACING DENGAN PEGAS CVT RACING TERHADAP DAYA DAN TORSI HONDA BEAT 110CC MENGGUNAKAN BAHAN BAKAR PERTALITE, PERTAMAX DAN PERTAMAX TURBO]
Preview
PDF (PENGARUH PENGGUNAAN ROLLER CVT RACING DENGAN PEGAS CVT RACING TERHADAP DAYA DAN TORSI HONDA BEAT 110CC MENGGUNAKAN BAHAN BAKAR PERTALITE, PERTAMAX DAN PERTAMAX TURBO)
Download (405kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui pengaruh terhadap daya dan torsi yang dihasilkan dari sepeda motor satu silinder pada sistem CVT yang menggunakan roller racing dan pegas racing dengan variasi tiga jenis bahan bakar yaitu pertalite, pertamax, dan pertamax turbo. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen, dilakukan pada sepeda motor Honda Beat 110 cc. Data hasil penelitian dianalisis dengan cara mengamati secara langsung hasil eksperimen kemudian menyimpulkan dan menentukan hasil penelitian yang telah dilakukan dalam bentuk grafik dan tabel. Pada pegujian ini digunakan alat dynamometer untuk mengetahui daya dan torsi yang dihasilkan. Hasil penelitian menunjukkan ada ada pengaruh terhadap daya dan torsi yang dihasilkan oleh roller racing dan pegas racing dan tiga jenis bahan bakar. Untuk daya maksimal dihasilkan yang menggunakan roller racing dan pegas standar dengan bahan bakar pertalite sebesar 6.91 kW dan torsi maksimal sebesar 13.13 Nm pada putaran 5000 rpm. Sedangkan daya terendah dihasilkan oleh bahan bakar pertalite yang menggunakan roller standar dan pegas standar sebesar 5.34 kW dan torsi terendah sebesar 6.35 Nm pada putaran 8000 rpm. Simpulan yang di dapat terhadap daya dan torsi terbesar dapat menggunakan roller racing dan pegas standar diikuti dengan penggunaan bahan bakar dengan angka oktan yang tepat sesuai spesifikasi sepeda motor yaitu pertalite, sehingga disarankan pada pengguna sepeda motor Honda Beat 110 cc untuk mendapatkan daya dan torsi maksimal dilakukan dengan mengganti roller dan pegas yang diikuti dengan pemakaian bahan bakar dengan nilai oktan yang tepat.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Roller CVT, Bahan Bakar, Performa
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
T Technology > TYA Teknik Sipil
Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin, S1
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 26 Jun 2019 19:42
Last Modified: 26 Jun 2019 19:42
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/31611

Actions (login required)

View Item View Item