PERBEDAAN HASIL BELAJAR PRAKTIK SISWA BERDASARKAN PERSEPSI SISWA TENTANG KESELAMATAN DIRI, PEMAHAMAN, DAN PENERAPAN K3 SISWA TEKNIK KENDARAAN RINGAN DI SMK NEGERI 1 KANDEMAN KAB. BATANG


M. Syarifuddin , 5201411006 (2016) PERBEDAAN HASIL BELAJAR PRAKTIK SISWA BERDASARKAN PERSEPSI SISWA TENTANG KESELAMATAN DIRI, PEMAHAMAN, DAN PENERAPAN K3 SISWA TEKNIK KENDARAAN RINGAN DI SMK NEGERI 1 KANDEMAN KAB. BATANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PERBEDAAN HASIL BELAJAR PRAKTIK SISWA BERDASARKAN PERSEPSI SISWA TENTANG KESELAMATAN DIRI, PEMAHAMAN, DAN PENERAPAN K3 SISWA TEKNIK KENDARAAN RINGAN DI SMK NEGERI 1 KANDEMAN KAB. BATANG]
Preview
PDF (PERBEDAAN HASIL BELAJAR PRAKTIK SISWA BERDASARKAN PERSEPSI SISWA TENTANG KESELAMATAN DIRI, PEMAHAMAN, DAN PENERAPAN K3 SISWA TEKNIK KENDARAAN RINGAN DI SMK NEGERI 1 KANDEMAN KAB. BATANG)
Download (623kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui adanya perbedaan hasil belajar praktik siswa berdasarkan persepsi siswa tentang keselamatan diri, pemahaman K3, dan penerapan K3 siswa jurusan teknik kendaraan ringan di SMK Negeri 1 Kandeman. Penelitian ini menggunakan metode penelitian survey, populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI TKR di SMK Negeri 1 Kandeman dengan berjumlah 102 siswa, dan diambil sampel 1 kelas dengan jumlah 34 siswa. Pengumpulan data menggunakan soal dan angket. Analisis data disajikan secara ringkas pada tabel yang berupa nilai hasil uji penelitian dengan menggunakan analisis varians satu jalur. Untuk mengetahui tingkat ketercapaian nilai rata-rata siswa , data dikategorikan menjadi 5 kelompok, yaitu: Sangat rendah (0 – 20), Rendah (21 – 40), Cukup (41 – 60), Tinggi (61 – 80), dan Sangat tinggi (81 – 100). Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan pada penerapan K3 diperoleh nilai hasil rata-rata 71,35 maka hasil belajar siswa pada penerapan K3 memiliki kriteria tinggi. Nilai hasil rata-rata pemahaman K3 diperoleh 65,24 maka hasil belajar siswa pada pemahaman K3 memiliki kriteria tinggi. Dan nilai hasil rata-rata persepsi siswa tentang keselamatan diri memiliki kriteria sangat tinggi. Dari hasil uji analisis varians satu jalur diperoleh nilai signifikansi sebesar P = 0,00 atau kurang dari 0,05 yang berarti hipotesis diterima. Maka dapat disimpulkan terdapat adanya perbedaan hasil belajar praktik siswa berdasarkan persepsi siswa tentang keselamatan diri, pemahaman, dan penerapan K3 siswa teknik kendaraan ringan di SMK Negeri 1 Kandeman Kabupaten Batang.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Perbedaan hasil belajar, penerapan K3, pemahaman K3, dan persepsi tentang keselamatan diri siswa.
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
T Technology > TYA Teknik Sipil
Fakultas: Fakultas Teknik > Teknik Mesin S1
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 26 Jun 2019 19:41
Last Modified: 26 Jun 2019 19:41
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/31609

Actions (login required)

View Item View Item