PERBEDAAN PERFORMA MESIN FI 150CC MENGGUNAKAN ECU STANDAR DENGAN ECU JUKEN 2 BRT


Wahyu Agung Subekti , 5201410049 (2017) PERBEDAAN PERFORMA MESIN FI 150CC MENGGUNAKAN ECU STANDAR DENGAN ECU JUKEN 2 BRT. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PERBEDAAN PERFORMA MESIN FI 150CC MENGGUNAKAN ECU STANDAR DENGAN ECU JUKEN 2 BRT]
Preview
PDF (PERBEDAAN PERFORMA MESIN FI 150CC MENGGUNAKAN ECU STANDAR DENGAN ECU JUKEN 2 BRT)
Download (987kB) | Preview

Abstract

Tujuan dari penelitian ini antaralain untuk membandingkan hasil performa yang dihasilkan mesin 150cc pada penggunaan ECU standar dan ECU juken 2 BRT pada setiap settingan yang ditentukan peneliti. Setelah hasil sudah diketahui, perbedaan yang hasilkan akan dicari faktor-faktor yang mempengaruhi perbedaan hasil peforma mesin tersebut. Selanjutnya dicari persentase perubahan performa mesin 150cc tersebut pada saat menggunakan ECU standar dengan ECU juken 2 BRT. Dari beberapa tujuan penelitian yang ada di atas diharapkan akan bermanfaat bagi masyarakat luas khususnya di bidang otomotif, baik di industry maupun di bidang pendidikan. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah metode eksperimen, yaitu suatu metode untuk mencari hubungan sebab akibat antara kedua faktor yang sengaja ditimbulkan oleh peneliti. Pada penelitian ini perlakuan yang dilakukan berupa penggunaan ECU standar dan ECU Juken 2 BRT pada sepeda motor Honda Verza 150cc FI kemudian akan dilihat hasilnya berupa perbedaan hasil yang terjadi pada daya, torsi dan laju konsumsi bahan bakar dengan menggunakan alat dynamometer dan tabung pengukur konsumsi bahan bakar yang dibuat peneliti. Hasil dari penelitian ini menunjukkan adanya perbedaan hasil peforma mesin pada menggunaan ECU standar dengan ECU Juken 2 BRT dari putaran mesin 3000 rpm sampai 9000 rpm. Peningkatan peforma mesin terjadi pada penggunaan ECU Juken 2 BRT Mapping 2, hasil peforma pada Mapping 2 lebih besar dibanding dengan penggunaan ECU standar dan Mapping 1. Laju konsumsi bahan bakar pada Mapping 2 lebih tinggi dibandingkan dengan ECU standar namun lebih rendah dari penggunaan Mapping 1. . Penurunan performa terjadi pada Mapping 1 sebesar Daya = 0.27%, torsi = 13.8% dan laju konsumsi bahan bakar meningkat sebesar 3.5% dari performa standar. Peningkatan performa terjadi pada Mapping 2 sebesar Daya = 3% , torsi = 2.8% dan laju konsumsi bahan bakar lebih tinggi 2.1% dari peforma standar.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: ECU, ECU Juken 2 BRT, daya, torsi, laju konsumsi bahan bakar.
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
T Technology > TYA Teknik Sipil
Fakultas: Fakultas Teknik > Teknik Mesin S1
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 26 Jun 2019 19:41
Last Modified: 26 Jun 2019 19:41
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/31606

Actions (login required)

View Item View Item