REDESIGN RIGID PAVEMENT DI RUAS JL. KOLONEL HR HARDIJANTO KELURAHAN SUKOREJO KECAMATAN GUNUNGPATI KOTA SEMARANG BERDASARKAN EVALUASI TERHADAP DAYA DUKUNG TANAH


Brillian Nisa, 5113412017 (2017) REDESIGN RIGID PAVEMENT DI RUAS JL. KOLONEL HR HARDIJANTO KELURAHAN SUKOREJO KECAMATAN GUNUNGPATI KOTA SEMARANG BERDASARKAN EVALUASI TERHADAP DAYA DUKUNG TANAH. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of REDESIGN RIGID PAVEMENT DI RUAS JL. KOLONEL HR HARDIJANTO KELURAHAN SUKOREJO KECAMATAN GUNUNGPATI KOTA SEMARANG BERDASARKAN EVALUASI TERHADAP DAYA DUKUNG TANAH]
Preview
PDF (REDESIGN RIGID PAVEMENT DI RUAS JL. KOLONEL HR HARDIJANTO KELURAHAN SUKOREJO KECAMATAN GUNUNGPATI KOTA SEMARANG BERDASARKAN EVALUASI TERHADAP DAYA DUKUNG TANAH)
Download (350kB) | Preview

Abstract

Brillian Nisa, Firda Oktika U.N. 2017. “Redesign Rigid Pavement di Ruas Jl. Kolonel HR Hardijanto Kelurahan Sukorejo Kecamatan Gunungpati Kota Semarang berdasarkan Evaluasi pada Daya Dukung Tanah”. Tugas Akhir Jurusan Teknik Sipil, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Semarang. Dosen Pembimbing I : Dr. Rini Kusumawardani S.T., M.T., M.Sc., Dosen Pembimbing II : Untoro Nugroho, S.T., M.T. Setiap tahunnya kondisi pada ruas Jl. Kolonel HR. Hardijanto Gunungpati Kota Semarang mengalami kerusakan. Melihat dari fungsi ruas Jl. Kolonel HR Hardijanto Gunungpati Kota Semarang yang strategis, maka perlu dilakukan pemeliharaan dan peningkatan, salah satunya adalah dengan mengganti lapis permukaan jalan dengan perkerasan kaku. Tujuan dari evaluasi yang dilakukan berdasarkan daya dukung tanah dasar yaitu untuk memberikan solusi mengenai penanganan masalah kerusakan jalan pada ruas Jl. Kolonel HR Hardijanto Gunungpati Kota Semarang. Metode penelitian yang digunakan dalam Tugas Akhir ini meliputi pengujian lapangan dan pengujian laboratorium. Pengujian di lapangan meliputi uji Dynamic Cone Penetrometer, Soil Density Gauge, dan pengujian kepadatan lapangan di laboratotium meliputi uji fisik tanah dan mekanis tanah. Tanah yang digunakan dalam penelitian Tugas Akhir ini diambil dari lapangan, dan pada penelitian Tugas Akhir ini di campur dengan variasi presentase pasir Muntilan dan Semen Gresik. Pengujian Direct Shear Test dan California Bearing Ratio Test menggunakan komposisi presentase 50% lempung dengan 50% pasir, 0% semen; 25% pasir, 25% semen; 20% pasir, 30% semen; 10% pasir, 40% semen; 0% pasir, 50% semen; 30% pasir 20% semen; dan yang terakhir 40% pasir, 10% semen. Hasil pengujian menunjukkan bahwa V3 (variasi 3) komposisi campuran 50% lempung dengan 20% pasir dan 30% semen sudah mampu meningkatkan nilai daya dukung tanah dasar (subgrade). Nilai daya dukung tanah yang diperoleh dari pengujian laboratorium sudah lebih besar yaitu sebesar 8,32 daripada nilai daya dukung tanah eksisting yaitu sebesar 4,89. Selain stabilisasi tanah dasar dengan semen, solusi yang dilakukan adalah dengan merubah lapis permukaan jalan yang dulunya flexible pavement menjadi rigid pavement. Design rigid pavement yang dilakukan menggunakan metode Bina Marga tahun 2002 dan metode AASHTO tahun 1993 didapatkan hasil tebal beton sebesar 200 mm.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Daya dukung tanah, rigid pavement, subgrade jalan.
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
T Technology > TYA Teknik Sipil
Fakultas: Fakultas Teknik > Teknik Arsitektur, S1
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 26 Jun 2019 19:39
Last Modified: 26 Jun 2019 19:39
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/31584

Actions (login required)

View Item View Item