PENGEMBANGAN OBYEK WISATA PENANGKARAN PENYU DAN HIU DI PULAU MENJANGAN BESAR DENGAN PENDEKATAN ARSITEKTUR TROPIS LANDASAN PROGRAM PERENCANAAN DAN PERANCANGAN ARSITEKTUR


ARIQOH NOOR FITHRIYATI , 5112412047 (2017) PENGEMBANGAN OBYEK WISATA PENANGKARAN PENYU DAN HIU DI PULAU MENJANGAN BESAR DENGAN PENDEKATAN ARSITEKTUR TROPIS LANDASAN PROGRAM PERENCANAAN DAN PERANCANGAN ARSITEKTUR. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGEMBANGAN OBYEK WISATA PENANGKARAN PENYU DAN HIU DI PULAU MENJANGAN BESAR DENGAN PENDEKATAN ARSITEKTUR TROPIS LANDASAN PROGRAM PERENCANAAN DAN PERANCANGAN ARSITEKTUR]
Preview
PDF (PENGEMBANGAN OBYEK WISATA PENANGKARAN PENYU DAN HIU DI PULAU MENJANGAN BESAR DENGAN PENDEKATAN ARSITEKTUR TROPIS LANDASAN PROGRAM PERENCANAAN DAN PERANCANGAN ARSITEKTUR)
Download (2MB) | Preview

Abstract

Indonesia adalah rumah bagi enam dari tujuh spesies penyu di dunia, karena memberikan tempat yang penting untuk bersarang dan mencari makan, disamping merupakan rute perpindahan yang penting di persimpangan Samudera Pasifik dan Hindia. Namun, populasi enam spesies penyu laut tercantum sebagai yang rentan, terancam, atau sangat terancam menurut IUCN Red List of Threatened Species [Daftar Merah Spesies Yang Terancam Menurut IUCN]. Ancaman utama yang dihadapi oleh penyu laut mencakup hancurnya habitat dan tempat bersarang, penangkapan, perdagangan ilegal dan eksploitasi yang membahayakan lingkungan. Selain penyu yang terancam punah, ikan hiu juga nyaris punah akibat perburuan liar. Dalam waktu setahun, lebih dari 100 juta ekor ikan hiu dari berbagai jenis mati. Ikan yang banyak hidup di Asia Pasifik ini diburu karena siripnya digemari sebagai makanan lezat nan mahal. Pulau Menjangan Besar merupakan salah satu spot wisata karimunjawa yang menawarkan sejuta keindahan didalamnya. Dengan luas pulau kurang lebih 60 Hektar dan beragam spesies makhluk hidup baik darat maupun laut telah menjadi sajian keindahan tersendiri bagi pengunjung. Di Pulau Menjangan Besar dapat ditemukan beragam spesies makhluk hidup lainya seperti ikan hiu, penyu, kura-kura, dan masih banyak lainya. Konsep yang dipakai dalam pengembangan obyek wisata penangkaran penyu dan hiu di pulau Menjangan Besar adalah menggunakan pendekatan arsitektur tropis. Penggunaan pendekatan arsitektur tropis cocok untuk area pantai yang memiliki iklim tropis basah yang dipengaruhi oleh uap air laut. Arsitektur tropis sangat memperhatikan iklim, penghawaan alami dan pencahayaan alami sehingga cocok diterapkan untuk bangunan di area pantai, penggunaan konsep tropis bangunan terletak pada penggunaan material alami, sehingga bangunan akan terasa lebih bersahabat dengan alam tropis.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Penangkaran, Penyu, Hiu, Pulau Menjangan Besar
Subjects: T Technology > TK Electrical and Electronic Engineering
T Technology > TYA Teknik Sipil
Fakultas: Fakultas Teknik > Teknik Arsitektur, S1
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 26 Jun 2019 19:32
Last Modified: 26 Jun 2019 19:32
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/31572

Actions (login required)

View Item View Item