PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN STUDENT FACILITATOR AND EXPLANING ( SFAE) MATA PELAJARAN MENGINSTALASI PC UNTUK MENIGKATKAN HASIL BELAAR SISWA X TKJ DI SMK NEGERI 8 SEMARANG TAHUN AJARAN 2016/2017 � ���������� ���� � �� � ��� � ������� � � ����$
RONY HENDRATNO , 5302411254 (2017) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN STUDENT FACILITATOR AND EXPLANING ( SFAE) MATA PELAJARAN MENGINSTALASI PC UNTUK MENIGKATKAN HASIL BELAAR SISWA X TKJ DI SMK NEGERI 8 SEMARANG TAHUN AJARAN 2016/2017 � ���������� ���� � �� � ��� � ������� � � ����$. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF
- Published Version
Download (829kB) | Preview |
Abstract
Salah satu penyebab rendahnya minat belajar adalah kurang tepat nya penerapan metode pembelajaran yang sesuai dengan materi yang diajarkan, oleh karena itu dibutuhkan alternatif itu adalah pembelajaran dengan menggunakan strategi pembelajaran student facilitator and explaining. penelitian ini bertujuan mengetahui minat belajar sebelum dan sesudah diberi pembelajaran menggunakan strategi pembelajaran SFAE dan mengetahuai perbedaan minat belajar siswa yang diberi pembelajaran menggunakan metode ceramah di SMK N 8 Semarang . Jenis penelitian ini adalah quasi experimental dengan menggunakan desain penelitian no equivalent control group desain. populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas X SMK N 8 Semarang yang berjumlah 288 siswa, sampel penelitian ini diambil dengan teknik purposive sampling jumlah sampel sebanyak 64 siswa yang terbagi dalam dua kelas yaitu kelas X TKJ 1 dan X TKJ 2 yang terdiri dari kelas experiment dan kelas kontrol, masing masing kelas berjumlah 32 siswa , teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian adalah menggunakan angket dengan mengunakan empat sekala likir uji faliditas , instrument menggunakan expert judgement dan product moment reibialitas instrument di uji dengan mengunakan Alpha Cronbach analisis data yang digunakan untuk menganalisis data hasil penelitian adalah statistik deskritif dan uji t (t - test ) Hasil penelitian ini menujukkan minat belajar sesudah dan sebelum di beri pembelajaran menggunakan metode ceramah dan strategi pembelajaran SFAE yaitu pada kelas control rata rata minat belajar sebelum sebesar 58,44 dan sesudah sebesar 67,8 pada kelas ekperimen nilai rata rata minat belajar sebelum sebesar 59,03 dan sesudah 75,97 dapat di simpulkan bahwa nilai rata rata minat belajar kelas ekperimen lebih tinggi disbanding kelas kontrol , berdasarkan perhitungan t hitung post test ( 4,7200 ) > t Tabel ( 1, 6706 ) ,terdapat perbedaan minta belajar yang signifikan antara penerapan strategi pembelajaran SFAE menggunakan metode ceramah.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata kunci: penerapan model; penerapan strategi pembelajaran SFAE, metode ceramah |
Subjects: | L Education > L Education (General) > Development of Learning Media L Education > LB Theory and practice of education > Development of Learning Materials T Technology > Information and Computer > Website T Technology > Information and Computer > Information System T Technology > Computer Engineering |
Fakultas: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer, S1 |
Depositing User: | Eko Handoyo Eko |
Date Deposited: | 26 Jul 2018 14:21 |
Last Modified: | 26 Jul 2018 14:21 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/31539 |
Actions (login required)
View Item |