UPAYA PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA MELALUI PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH (PROBLEM BASED LEARNING) PADA MATA PELAJARAN JARINGAN DASAR KELAS X TKI SMK PLUS TUNAS BANGSA KEBASEN


Dian Ratna Puspitasari , 5302411171 (2017) UPAYA PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA MELALUI PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH (PROBLEM BASED LEARNING) PADA MATA PELAJARAN JARINGAN DASAR KELAS X TKI SMK PLUS TUNAS BANGSA KEBASEN. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 5302411171.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (666kB) | Preview

Abstract

Masalah siswa kelas X TKI SMK Plus Tunas Bangsa Kebasen adalah rendahnya hasil belajar siswa pada pelajaran jaringan dasar. Penggunaan metode pembelajaran ceramah menyebabkan tidak terasahnya berpikir kritis siswa. Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa sehingga hasil belajar siswapun dapat naik pada mata pelajaran jaringan dasar melalui penerapan metode problem based learning. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas kolaboratif. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, dokumentasi, wawancara, dan tes. Metode analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif kualtitatif. Hasil penelitian atas kemampuan berpikir kritis siswa X TKI menunjukkan bahwa aspek memberikan penjelasan dasar dan menyimpulkan termasuk kategori sangat baik sedangkan kemampuan membangun keterampilan dasar, membuat penjelasan lebih lanjut, dan mengatur strategi taktik termasuk kategori baik. Dengan meningkatnya kemampuan berpikir kritis siswa, hasil belajar sebelum penelitian dengan nilai 69,47 meningkat menjadi 73,10 pada siklus I dan 87,44 pada siklus II. Simpulan dari penelitian ini adalah melalui penerapan metode problem based learning dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa sehingga hasil belajar siswa meningkat pula. Saran bagi guru untuk melakukan pengawasan pada saat penyelidikan mandiri dan diskusi agar aktivitas siswa dan hasil yang diperoleh lebih optimal.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : problem based learning, hasil belajar, penelitian tindakan kelas, berpikir kritis
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > Development of Learning Materials
T Technology > Information and Computer > Expert System
T Technology > Information and Computer > Information System
T Technology > Computer Engineering
Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer, S1
Depositing User: Eko Handoyo Eko
Date Deposited: 26 Jul 2018 14:01
Last Modified: 26 Jul 2018 14:01
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/31536

Actions (login required)

View Item View Item